Cara Termudah Mempercepat Kinerja PC Anda

Sahabat gaptex, memiliki dan menggunakan PC yang lemot adalah hal yang cukup menyebalkan, bukan? Bukan saja pekerjaan yang seharusnya cepat menjadi lambat, tetapi juga membuat capek hati dan stress pemakainya. Perlu diketahui bahwa kinerja sebuah PC sangat dipengaruhi oleh memory, kapasitas dan masalah pada file atau program yang ada. Nah, jika Anda ingin mempercepat kinerja PC Anda, berikut beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan sendiri.

Buang file dan program yang tidak dibutuhkan
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mempercepat sebuah PC adalah memperbesar ruang kosong dalam hardisk Anda. Cara yang paling mudah adalah dengan menghapus file berukuran besar yang tidak dibutuhkan. Carilah file yang berukuran diatas 5 mb melalui menu “search”, kemudian buang file yang tidak dibutuhkan. Harap hati-hati untuk tidak membuang file yang penting.

Jika sudah, Anda dapat menjalakan prgram “disk cleanup” yang secara default sudah ada di PC Anda. Tools ini akan membuang file lama yang sudah tak terpakai, file temporary dan isi recycle bin Anda. Langkah terakhir adalah dengan membuka add/remove programs pada control panel. Uninstall seluruh program yang tidak Anda perlukan.

Jalankan lebih sedikit program
Terlalu banyak program yang berjalan pada waktu yang bersamaan dapat membuat kinerja sebuah PC melambat. Untuk melihat hal tersebut, Anda dapat memencet tombol ctrl+alt+del secara bersamaan yang menampilkan task manager. Harap betul-betul perhatikan jenis program yang memakan memory yang besar. Beberapa program mencurigakan juga dapat Anda endus disana.

Artikel berhubungan:  5 Tips Memilih Komputer Rakitan untuk Game

Memberikan proteksi antivirus yang terupdate juga merupakan jalan agar PC Anda terhindar dari virus yang biasanya bekerja di “belakang layar” yang menyebabkan PC Anda melambat.

Lakukan defragement
File yang terfragment atau rusak dapat membuat sebuah PC menjadi lelet karena sistem haru bekerja extra ketika mencari dan memanggil file-file tersebut. Karena itu, sangat disarankan Anda untuk melakukan disk defragment setidaknya sebulan sekali agar seluruh file menjadi “tersusun rapi” kembali dalam hardisk Anda.

Tambahkan memory yang lebih lega
Jika ternyata PC Anda masih lemot saja, menambahkan memory baru (upgrade) boleh jadi salah satu solusi yang paling tepat. Belilah RAM yang kompatibel dengan PC Anda. RAM yang lebih besar akan secara otomatis mempercepat laju kerja sebuah PC.

So, sudah tahu kan sekarang Cara Termudah Mempercepat Kinerja PC Anda?