Cara Setting & Non-aktifkan Cloudflare

Saat ini ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat loading halaman sebuah blog atau website. Salah satunya ialah dengan menggunakan jasa Cloudflare. Namun, bagi Anda yang baru mengenal dunia blogging, pastinya masih asing dengan istilah tersebut, apalagi bagaimana cara mengaktifkan dan settingnya dengan aman dan benar.

Cara Setting & Non-aktifkan Cloudflare

Cloudflare adalah salah satu layanan percepatan loading halaman blog atau web dengan memakai sistem CDN (Content Delivery Network). Secara garis besar, sistem kerja Cloudflare dengan menyimpan data situs yang terdaftar dari berbagai data center di seluruh dunia dan dikirimkan kepada pengunjung situs dari data center terdekat. Cloudflare juga merupakan layanan keamanan untuk mengantisipasi serangan hacker atau cracker. Apalagi Anda dapat menggunakan layanan ini secara gratis.

Bagi para memilik blog atau website dengan pengunjung yang banyak, sebaiknya upgrade Cloudflare Anda ke paket bisnis atau Enterprise. Semakin tinggi paketnya, maka akan semakin tinggi pula kecepatannya. Lantas bagaimana cara mengaktifkan Cloudflare? Apabila Anda pengguna wordpress, Joomla, dan portal lainnya yang memakai self hosting, maka Anda dapat mengaktifkannya lewat cPanel. Apalagi jika Anda memiliki lebih dari satu blog atau web, maka sangat mudah mengontrolnya dalam satu akun saja.

Cara setting Cloudflare secara mudah dan umum adalah lewat website resminya langsung. Tapi jika Anda ingin mencoba cara lain, yakni bisa dari cPanel Niagahoster. Berikut ini adalah cara setting mengaktifkan dan menonaktifkan Cloudflare secara umum:
· Silahkan buka situs resminya di cloudflare.com dan klik tombol Sign Up lalu isi semua yang diperlukan. Klik Create Account.
· Masukkan nama domain dari website Anda dan klik Scan DNS Records.
· Setelah proses scan selesai, detail DNS akan terlihat dari domain Anda. Pada langkah ini, Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan Cloudflare untuk subdomain yang Anda miliki.
· Cloudflare aktif akan memiliki logo awan berwarna orange dan yang tidak aktif berwarna silver
· Selanjutnya, silahkan menghubungkan nama domain Anda ke nama server Cloudflare. Pilihlah yang versi gratis dan klik tombol Continue.
· Sekarang Anda mendapat nama server baru dari Cloudflare. Lalu Login ke domain yang Anda miliki untuk update nama server tersebut sesuai yang diberikan oleh Cloudflare. Klik tombol Continue lagi.
· Saat nama server baru berhasil di update, Anda punakan menerima konfirmasi email dari Cloudflare. Selain itu, Anda juga mengecek status lewat situs Cloudflare.

Artikel berhubungan:  Tips Mengatasi Storage Penuh pada Smartphone