Cara Reset Mozilla Firefox Tanpa Inul

Penggunaan web browser dalam kebutuhan akses internet sehari-hari memang kerap membuatnya ‘terkontaminasi’ oleh berbagai macam hal, seperti toolbar yang tidak dibutuhkan, malware, respon melambat, crash dan lain sebagainya. Sebagai salah satu browser yang cukup banyak digunakan, Mozilla Firefox juga merupakan browser yang kerap mengalami masalah seiring pengunaannya.

Cara yang paling mudah, tentu saja adalah dengan inul (instal ulang) : uninstall dan install ulang software tersebut. Tetapi, jika hal tersebut dilakukan, ada berbagai data penting yang juga ikut-ikutan terhapus juga. Dan ini cukup merepotkan. Sebagai contoh password, bookmark, histori browsing dan lain sebagainya.

Sebagai solusi, Anda dapat mereset Firefox untuk mengembalikan kondisinya ke kondisi awal (fresh) tetapi tetap menyimpan beberapa data penting, seperti :

– Bookmarks
– Browsing history
– Passwords
– Cookies
– Web form auto-fill information
– Personal dictionary

Sementara itu, beberapa addons, themes dan tambahan-tambahan lain akan terhapus jika tidak kompatibel dengan kondisi browser. Namun, menginstall kembali addons tentu saja jauh lebih mudah dibandingkan dengan mencatat kembali seluruh histori browsing, bookmark, pengingat password seperti yang terjadi ketika direset, bukan?

Artikel berhubungan:  Cara Download Video Melalui Blackberry

Untuk melakukan reset Firefox, berikut langkah kerja yang dapat Anda lakukan :
1. Pada tab Firefox, pilih menu Help > Troubleshooting Information, seperti gambar dibawah :

Cara Reset Mozilla Firefox Tanpa Inul

2. Pilih menu Reset Firefox, pada menu berikutnya pilih kembali Reset Firefox. Lihat gambar dibawah :

Cara Reset Mozilla Firefox Tanpa Inul 2

3. Selanjutnya, Firefox akan otomatis tertutup dan melakukan reset. Klik Finish dan Anda sudah selesai.

Cara diatas terbukti ampuh untuk mengembalikan Firefox kepada kondisi baru yang bebas masalah tetapi tetap mempertahankan data penting Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu melakukan install ulang browser yang mengakibatkan hilangnya data penting. Terakhir, harap selalu pastikan bahwa versi browser Firefox Anda adalah yang paling baru sehingga memiliki keamanan yang paling baik. Untuk mengecek versinya, Anda dapat klik Help > About pada tab Firefox Anda.

Semoga bermanfaat!