Cara Reset iPhone Hang Tanpa Tombol Power

Apakah Sobat Gaptex menggunakan produk Apple untuk aktivitas sehari-hari? iPhone 6 Plus mungkin? Jika iya, ada kalanya iPhone sering hang atau lag ketika dimainkan dan hal itu memang menyebalkan, terlebih lagi jika sedang asyik bermain game atau berselancar di dunia maya.

Cara Reset iPhone Hang Tanpa Tombol Power

Apabila iPhone sudah hang atau lag, melakukan hard reset dengan menekan tombol Home dan Power selama 3-5 detik memang menjadi salah satu alternatif dalam melakukan restart pada iPhone ataupun iPad. Namun bagaimana jika tombol Home atau Power tersebut tidak dapat berfungsi lagi sebagaimana mestinya dan pengguna harus melakukan restart perangkat. Kalau sudah begitu, mungkin Anda perlu melakukan cara-cara dibawah ini:

1. Restart iPhone dengan bantuan Assitive Touch
Fitur Assistive Touch memang mempunyai banyak kegunaan terutama untuk perangkat yang mengalami kerusakan hardware seperti tombol power, home, atau volume yang tidak dapat berfungsi lagi. Berikut langkah-langkahnya:
· Buka Settings > General, lalu pilih menu Accesibility.
· Scroll ke bawah sampai menemukan pilihan Assistive Touch.
· Aktifkan Assistive Touch sehingga muncul sebuah tombol mirip gambar Home Button pada layar ponsel.
· Tap Assitive Touch, lalu pilih Device.
· Tap dan tahan pilihan Lock Screen dengan icon sebuah gembok, kemudian akan muncul slider untuk mematiakn iPhone. Anda cukup menggeser ke kanan untuk mematikan ponsel
· Untuk menghidupkan iPhone kembali, cukup hubungkan iPhone ke charger dan tunggu beberapa saat, maka iPhone Anda akan hidup dengan sendirinya.

Artikel berhubungan:  Tips Tambahkan Musik ke iPhone Tanpa iTunes

2. Restart iPhone melalui pilihan Bold Text
Apple telah menambahkan pilihan untuk menebalkan font pada sistem operasinya sejak iOS 7 dirilis. Ternyata fasilitas ini bisa digunakan pula untuk merestart iPhone Anda. Berikut caranya:
· Masuk ke Settings > General, lalu pilih menu Accesibility
· Aktifkan pilihan Bold Text yang ada, nantinya akan muncul sebuah pop-up konfirmasi bahwa iPhone akan di restart.
· Klik Continue maka iPhone akan terestart dengan sendirinya.

Pilihan ini tentu saja mengubah tampilan sistem font di iPhone menjadi lebih tebal, tapi jika Anda ingin mengembalikannya tinggal lakukan cara di atas dan font akan kembali normal. Namun, hal ini berarti Anda harus merestart dua kali iPhone.