Cara Otomatis Upgrade OS Android Ke Versi Lebih Baru

Sebenarnya, untuk melakukan upgrade OS Android di gadget atau smartphone, Anda sama sekali tidak membutuhkan kabel atau software apa pun. Secara default, menu upgrade tersedia di seluruh OS Android dan dapat ditemukan langsung melalui menu ‘setting’ pada layar. Prosesnya pun berjalan secara otomatis dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Jika belum tahu caranya, Anda dapat melihat tutorialnya melalui posting ini secara lengkap.

Cara Otomatis Upgrade OS Android Ke Versi Lebih Baru

Berikut langkah upgrade otomatis OS Android ke versi lebih baru :
1. Backup seluruh data yang Anda miliki. Siapkan baterai setidaknya 50% (full lelbih baik) dan tentu saja koneksi internet baik melalui WiFi atau kartu selular kesayangan Anda.
2. Sediakan ruang pada microSD untuk menyimpan hasil download OS versi teranyar.
3. Pada layar, pilih menu Settin > About Phone > System Update.
4. Jika update OS tersedia, maka Anda akan dipersilahkan untuk melakukan download OS. Jika tidak tersedia, maka akan muncul tulisan “Up to date”.
5. Proses download bisa memakan waktu yang cukup lama tergantung besar file dan kecepatan koneksi internet yang Anda miliki. Bersabarlah dan usahakan jangan sampai terputus di tengah jalan.
6. Setelah proses download selesai, handheld akan secara otomatis melakukan instalasi OS terbaru. Tunggu proses tersebut hingga selesai dengan sempurna.
7. Setelah proses reboot selesai, maka selesai pula proses upgrade OS tersebut.
8. Selamat Anda telah memiliki OS versi yang lebih baru.

Beberapa catatan mengenai upgrade OS Android :
– Android tidak sama dengan iOS atau OS lainnya (Widnows, BB) karena disematkan ke banyak vendor ponsel, dari yang abal-abal hingga paling premium. Keberadaan update OS sangat bergantung kepada masing-masing vendor.
– Versi update yang tersedia bisa saja hanya ‘minor’, dimana versi Android sendiri tidak serta-merta ‘naik kelas’ (misal dari Gingerbread ke ICS atau Jelly Bean), sebab bisa saja upgrade yang tersedia berasal dari OS yang sama dengan versi yang lebih baru. Sekali lagi, hal ini sangat bergantung kepada masing-masing vendor seperti penjelasan nomor (1) diatas.
– Pada umumnya, merek-merek ternama seperti Samsung, HTC, LG, Lenovo saja yang menyediakan upgrade sacara otomatis ke versi yang jauh lebih baru karena permintaan yang tinggi dari penggunanya yang berjumlah banyak. Hal yang sama jarang terjadi pada merek-merek yang kurang tren (termasuk merek lokal atau China abal-abal).

Artikel berhubungan:  Perbedaan Printer Inkjet & Laser dengan Dot Matrix

Selain dengan cara otomatis diatas, upgrade OS juga bisa dilakukan dengan cara manual. Bahkan upgrade bisa melampaui versi yang resmi tersedia melalui proses rooting. Berbagai custom room tersedia di banyak sekali forum dan dapat digunakan secara bebas. Hanya saja perlu diketahui bahwa upgrade dengan cara tersebut memiliki resiko yang harus ditanggung sendiri oleh pemilik handheld.

Tetapi jika Anda ingin mencoba, Anda dapat mendapatkan panduan lengkap rooting dan upgrade OS menggunakan custom room melalui forum sesuai dengan merek dan tipe ponsel Anda. Perlu diingat bahwa setiap merek dan tipe memiliki custom room yang berbeda. Untuk mendapatkan petunjuk yang akurat, barangkali Anda bisa langsung ke tekape melalui link berikut untuk menemukan ‘lounge’ khusus smartphone Anda.

Semoga bermanfaat!