Cara Mudah Untuk Mempercepat Loading Halaman Blog

Perlu Anda ketahui bahwa kecepatan loading halaman blog merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi posisi atau ranking situs pada hasil pencarian Google. Banyak para blogger pemula yang lebih mementingkan tampilan blognya dibandingkan dengan keringanan halaman blog mereka sehingga blog yang ingin diakses pun menjadi lebih ‘berat’.

Cara Mudah Untuk Mempercepat Loading Halaman Blog

Mempercepat loading blog saat ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Banyak sekali tools yang dapat Anda manfaatkan untuk mempercepat loading halaman blog tersebut. Bahkan caranya lebih mudah dan simpel dari cara meningkatkan traffic blog secara gratis. Apakah Anda tertarik untuk mengetahuinya? Jika iya, mari simak informasi di bawah ini.

1. Meminimalkan Gambar dan Formatnya
Cara yang pertama untuk mempercepat blog ialah sebaiknya Anda membuang gambar-gambar yang tak berguna. Seringkali, blogger memakai gambar untuk background, cobalah ganti gambar itu dengan warna html. Setelah meminimalkan gambar, gunakanlah format gambar yang sama. Hal ini berarti Anda tidak harus menggunakan banyak format gambar seperti jpg, gif, png, dan sebagainya. Sebagai saran, gambar berwarna menggunakan jpg sedangkan untuk gambar minim warna memakai gif.

2. Memaksimalkan Widget
Baik itu blogspot, wordpress, atau apapun platform blognya, Anda wajib menggunakan trik ini untuk mempercepat loading blog. Terkadang bagi blogger pemula, menempelkan widget dianggap tak perlu, seperti page rank, award, badge, game, dan sebagainya. Namun ternyata semua itu berguna untuk pengunjung, lagipula kebanyakan visitor tak akan mempedulikan seberapa tinggi ranking blog, seberapa kecil alexa rank, atau award apa yang sudah Anda dapat, jadi tak ada masalah.

Artikel berhubungan:  Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka di Android

3. Pilih Hosting Yang Tepat
Cara berikutnya yaitu memilih hosting yang tepat. Namun hal ini memang tak mudah bagi seorang blogger. Terkadang hawkhost, Site5, Mochahost, Jagoanhosting, Masterweb, hostgator, atau ada pula yang memakai VPS dari WSWD. Untuk mendapatkan hosting yang tepat, memang Anda harus mencoba satu-satu hosting supaya dapat yang terbaik pada akhirnya.

4. Batasi Penayangan Iklan
Apabila blog yang Anda untuk monetisasi, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak memasang iklan karena semakin banyak iklan yang dipasang, maka proses loading halaman blog pun semakin lama. Iklan yang terlalu banyak akan mempengaruhi kecepatan loading halaman blog, bahkan dapat mengganggu kenyamanan pengunjung.

5. Gunakan Javascript atau CSS yang Sudah Dikompress
Jika Anda menggunakan javascript atau CSS, sebaiklah pilih dari yang sudah dikompress. Hal ini pun secara tak langsung untuk meringankan beban loading blog.