Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi

Sobat Gaptex, mungkin Anda pernah mendengar atau belajar mengenai bagaimana cara berbagi atau share file antarkomputer dalam satu jaringan LAN yang sama. Hal tersebut tentu merupakan suatu teknik yang amat berguna dan memudahkan pekerjaan sehari-hari, terutama bila Anda bekerja dalam sebuah tim dimana Anda dan rekan-rekan perlu berbagi data bersama. Namun, bagaimana bila yang kita gunakan adalah jaringan Wireless LAN atau Wi-Fi? Apakah kita juga bisa berbagi atau share file? Logikanya sih, “manusia aja udah bisa pergi ke bulan, masak hal seperti ini saja tidak bisa”. Dan, tentu saja, memang bisa.

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi

Mengingat Wi-Fi semakin jamak digunakan belakangan ini, dan barangkali jaringan tempat Anda bekerja pun juga berbasis Wi-Fi, maka dalam artikel berikut kita akan membahas mengenai cara share file antarkomputer via Wi-Fi. Juga, dengan semakin majunya teknologi, kini berbagai pekerjaan profesional pun dapat dilakukan melalui perangkat komputasi mobile Android, sehingga merupakan sesuatu yang amat berguna bila kita turut membahas mengenai cara share file antara perangkat Android dengan PC.

Bagian I: Share File Antar komputer
1. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan sebuah folder yang nanti isinya untuk di-share bagi komputer-komputer lain dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama. Anda bisa membuatnya di desktop. Klik kanan di area kosong, pilih New, lalu klik Folder. Berikan nama folder sesuai kebutuhan Anda. Isilah folder tersebut dengan data yang hendak Anda share.

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi 1

2. Klik kanan di folder yang baru Anda buat, klik Properties.

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi 2

3. Pada jendela Properties yang ditampilkan, pilih tab Sharing, kemudian klik Advanced Sharing.

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi 3

4. Berikan tanda centang pada kotak di sebelah kiri tulisan “Share this folder”. Lalu, klik tombol OK.

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi 4

5. Anda mungkin akan perlu mematikan firewall komputer Anda agar komputer-komputer lain akan bisa mengakses direktori yang di-share di komputer Anda. Caranya, buka Control Panel, pilih Windows Firewall, klik tulisan “Turn Windows Firewall on or off” di panel di sebelah kiri. Pilih opsi “Turn off Windows Firewall”, dan klik tombol OK.

Baca Juga :  Apa itu Github?

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi 5

6. Cari tahu IP address komputer yang hendak melakukan share file. Caranya, buka Command Prompt, ketik “ipconfig”, lalu tekan Enter pada keyboard. Lihat dan catat IPv4 Address yang ditampilkan.

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi 6

7. Komputer lain (sebut saja komputer B) yang hendak mengakses data yang telah di-share oleh komputer tadi (sebut saja komputer A) memerlukan IPv4 Address yang tadi telah dicatat. Juga, pastikan komputer B dan komputer A terhubung dalam jaringan Wi-Fi yang sama!

8. Komputer B harus menjalankan program Run (Windows + R). Masukkan simbol backslash sebanyak dua kali (“\\”) disambung dengan IP address komputer A. Klik tombol OK.

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi 7

9. Akan ditampilkan sebuah jendela berisi folder-folder yang di-share oleh komputer A. Kini, komputer B bisa mengakses, copy-paste, serta memodifikasi file yang di-share oleh komputer A.

Bagian II: Share File Perangkat Android dengan PC
1. Unduh dan instal aplikasi WiFi File Transfer dari Play Store di perangkat Android Anda.

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi 8

2. Hubungkan PC serta perangkat Android Anda ke jaringan Wi-Fi yang sama. Atau, bisa juga dengan menjadikan perangkat Android Anda sebagai Wi-Fi hotspot.

3. Buka aplikasi WiFi File Transfer di perangkat Android Anda. Klik Start, lalu catat IP address yang diberikan.

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi 9

4. Buka aplikasi browser di PC Anda, ketikkan IP Address yang tadi diberikan di kotak URL lalu tekan tombol Enter.

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi 10

5. Daftar data di perangkat Android Anda akan ditampilkan. Di sini, Anda bisa memindahkan data baik dari PC ke perangkat Android maupun dari perangkat Android ke PC.

Cara Mudah Share File Melalui Wi-Fi 11

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part