4+1 Cara Mudah Menghemat Kuota Internet

Sekarang memang sudah zamannya internet super ngebut. Tak tanggung-tanggung, pada tahun 2014 mendatang bahkan kecepatan internet yang bisa diperoleh mampu mencapai ratusan kali lipat dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Sayangnya, untuk menikmati kecepatan yang maksimum Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Ya, tarif internet di Indonesia memang masih terbilang cukup tinggi sehingga kita harus pandai menyiasatinya.

Sudah jadi pengetahuan kita semua bahwa koneksi yang super kencang selalu dibungkus dalam paket berbasis kuota (volume-based), yang berarti ada batas pemakaian wajar yang diperbolehkan. Setelah batas tersebut habis, biasanya kecepatan akan turun drastis atau malah Anda sama sekali tak lagi bisa menggunakannya sebelum membeli kuota tambahan (top-up).

cara menghemat kuota

Dalam post ini, ada beberapa tips dan cara yang dapat digunakan untuk menghemat kuota internet agar tidak cepat habis. Tips digunakan untuk koneksi internet menggunakan modem atau router di komputer.

1. Tutup halaman tidak penting
Ketika berselancar di dunia maya, Anda pasti sering membuka berbagai halaman website dalam tab-tab baru browser. Tak jarang, halaman yang tak lagi perlu lupa ditutup. Padahal, sebagian besar halaman yang terbuka bisa saja terus-menerus menghisap kuota internet Anda. Dengan menutup halaman yang tidak perlu, Anda akan otomatis menghemat kuota internet.

2. Matikan Automatic Update
Disable menu auto update dengan menuju CONTROL PANEL > SYSTEM AND SICURITY > WINDOWS UPDATE dan pilih no. Beberapa update yang berlangsung secara otomatis dapat membuat kuota Anda habis seketika.

3. Hindari akses situs yang tidak perlu
Jika kuota yang Anda miliki sedikit, tentu saja Anda harus bijak menggunakan sambungan internet. Buatlah skala prioritas akses internet untuk menunjang pekerjaan atau hiburan Anda. Jika kuota masih tersisa barulah Anda boleh menggunakannya untuk berbagai macam akses yang tidak terlalu penting.

Baca Juga :  Tips Membuat Password agar Tidak Mudah Ditebak

4. Minimalisir Streaming & Download
Streaming dan download merupakan penyedot kuota yang paling besar dari sebuah akses internet. Perlu diketahui bahwa paket internet berbasis kuota tidak cocok untuk kedua aktivitas tersebut. Jika memang perlu, lakukan streaming & download yang memang diperlukan dan sesuai dengan profil penggunaan Anda.

+1 Selain keempat tips diatas, Anda juga dapat menggunakan software untuk menghemat kuota yang bernama HandyCache. Software ini berfungsi untuk menyimpan Cache di Komputer Anda sehingga akses internet pada situs yang sama tak lagi membutuhkan kuota tambahan karena file akan dipanggil langsung dari komputer kita.

Download software HandyCache disini.

Untuk menggunakannya, silahkan install dan lakukan setting sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki (panduan tersedia dalam bahasa Indonesia). Selain menghemat kuota internet, software penghemat cache ini juga akan membuat koneksi internet menjadi lebih cepat.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part