Cara Mudah Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara

Saat ini, laptop menjadi perangkat gadget yang hampir dimiliki oleh sebagian besar masyarakat dunia. Perangkat satu ini cenderung bisa dijangkau karena tersedia dari berbagai merek dengan harga yang bervariasi. Namun tidak selamanya laptop berjalan dengan mulus tanpa hambatan karena semakin lama penggunaan, maka semakin banyak pula muncul permasalahan, salah satunya speaker tidak berbunyi. Jika Sobat kebetulan sedang mengalami hal ini, maka artikel kali ini yang berisi cara mudah mengatasi laptop tidak ada suara, sangat cocok untuk Anda.

Laptop tidak berbunyi bisa dikatakan menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada laptop, sehingga Anda tidak perlu panik jika dihadapkan pada permasalahan ini. Dengan mengetahui cara mengatasi speaker laptop tak berbunyi, Anda bisa menggunakan laptop dengan nyaman dan aman saat ingin menonton film, mengedit video ataupun sekedar mendengarkan musik.

Laptop yang tidak bisa mengeluarkan suara pastinya tidak nyaman untuk digunakan, terutama jika Anda sering bekerja dengan menggunakan laptop seraya mendengarkan musik. Lantas bagaimana cara untuk memperbaiki masalah tersebut? Mari simak penjelasannya di bawah ini:

1. Mengganti Sound Card atau Kartu Suara pada Laptop
Suara yang biasanya dikeluarkan oleh laptop melalui aplikasi-aplikasi tertentu, dimana segi fisiknya dikelola oleh suatu hardware yang sering disebut dengan sound card. Sound card atau kartu suara ini akan menerima instruksi dari prosesor ataupun aplikasi lainnya untuk mengeluarkan sebuah suara dan bunyi tertentu yang didasarkan pada kode bit tertentu.

Dengan demikian, sound card berguna untuk mengonversi input data digital menjadi keluaran suara yang dihasilkan melalui speaker. Saat sound card ini rusak, sudah pasti suara yang harus diproses oleh speaker tidak bisa keluar. Maka dari itu, jika Anda menemui kerusakan pada kartu suara, maka mau tidak mau, Anda perlu menggantinya supaya laptop dapat berfungsi secara normal. Namun, peletakan dan jenis sound card pada setiap brand laptop tentunya berbeda sehingga Anda perlu mengidentifikasi jenis sound card apa yang dimiliki oleh laptop Anda.

2. Menginstall Driver Sound Card
Permasalahan tidak keluarnya suara bisa saja bukan dari fisik laptop, melainkan juga bisa berasal dari adanya driver yang tidak cocok atau justru tidak mendapat driver sama sekali yang sesuai dengan kartu grafis dari laptop yang Anda miliki. Akibatnya, GPU pada laptop tidak mampu menangkap dan memproses informasi suara yang berasal dari aplikasi.

Maka dari itu, cara mengatasi laptop tidak ada suara selanjutnya ialah dengan memastikan bahwa Anda telah menginstall driver sound card yang Anda miliki dengan benar dan tepat. Jika Anda tidak menginstallnya dengan benar ataupun mungkin menginstall driver yang salah, maka sound card tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Satu lagi, pastikan Anda menginstall sesuai dengan bit laptop.

Artikel menarik:  Cara Mudah Instal Adobe Premiere

3. Mengganti Speaker Laptop
Speaker ialah komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan suara setelah diproses oleh sound card yang dimiliki oleh laptop. jika laptop tidak berbunyi, bisa jadi penyebabnya ialah adanya kerusakan pada bagian speaker. Setelah Anda memastikan apakah speaker bermasalah, maka gantilah segera speaker tersebut.

4. Menginstall Kernel yang Sesuai
Jika Anda menjalankan sistem operasi Linux atau GNU, apapun itu bentuk distronya, maka Anda perlu meyakinkan bahwa penyebab laptop tidak ingin berbunyi bukan dari kernel. Memang masalah kernel yang tidak sesuai bisa membuat laptop kehilangan suara karena kernel yang tidak cocok dengan sistem operasi biasanya akan terdapat bug tertentu. Maka dari itu, yang perlu Anda lakukan ialah memastikan Anda menginstall kernel yang tepat supaya suara laptop bisa keluar dengan baik.

Untuk dapat memilih kernel yang tepat, Anda bisa melakukannya dengan cara mengunduh variasi kernel yang sesuai dengan distro Linux di berbagai repositori online. Selain itu Anda juga bisa menggunakan sebuah aplikasi bernama Ukuu-GTK yang bisa digunakan untuk mengelola kernel yang terinstall dalam sistem operasi yang Anda miliki.

5. Menginstall Codec
Salah satu hal yang juga dapat menyebabkan suara tidak keluar saat Anda menggunakan laptop adalah tidak adanya codec yang sesuai untuk membaca atau memutar file suara yang sedang ingin Anda putar. Codec ialah seperti ‘driver’ yang diperlukan oleh aplikasi yang Anda jalankan untuk dapat membaca kodifikasi atau data-data suara yang sudah ditulis dalam file, seperti contohnya MP3, MP4, MKV, dan berbagai jenis file lainnya.

Meskipun Anda telah menginstall driver yang tepat, namun jika Anda tidak memiliki codec yang bisa digunakan untuk membaca file suara yang Anda miliki, maka suara dari aplikasi tersebut tetap tidak akan bisa keluar dan sebagai gantinya justru akan menyebabkan aplikasi di laptop mengalami error.

Untuk bisa menginstall codec, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi codec seperti K-Lite Codec Pack, atau aplikasi lainnya yang akan membantumu dalam menginstall codec-codec yang Anda butuhkan sehingga laptopmu akan kembali mampu mengeluarkan suara saat Anda menonton film atau memutar musik tertentu.