Cara Mudah Mengatasi Internet Lambat

Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, seseorang tidak terlepas dari koneksi internet. Di rumah, tempat kerja, atau bahkan di tempat umum sekalipun koneksi internet bisa dengan mudah di dapatkan. Namun tidak semua kecepatannya sesuai dengan kebutuhan. Namun terkadang koneksi internet lambat akan mengganggu kenyamanan penggunanya, sehingga mau tak mau Anda akan mencari segala cara mudah mengatasi internet lambat tersebut.

Kadang kala, internet yang lambat menjadi salah satu teguran untuk Anda agar dapat beraktivitas tanpa internet di luar rumah. Namun di sisi lain, mungkin keadaan ini juga bisa menghancurkan produktivitas Anda. Maka dari itu, berikut ini beberapa cara mudah mengatasi internet lambat sehingga Anda bisa melakukan aktivitas komputasi dengan lancar.

1. Periksa Sinyal WiFi
Apabila Anda menggunakan wIfi, mungkin saja router dan internet berjalan seperti biasa, namun sinyal wireless menjadi lemah sehingga sedikit terhambat. Pada kesempatan sebelumnya pun, kami telah menjelaskan cara mengatasi WiFi Android tidak dapat terhubung , jika suatu saat sinyal WiFi Anda bermasalah.

2. Periksa Kecepatan Internet
Mungkin saja internet lambat karena Anda sedang berlangganan internet yang lambat. Oleh karena itu, coba masuk ke situs web provider dan cari tahu berapa kecepatan paket internet tersebut. Lalu cek juga internet Anda dengan menjalankan tes kecepatan. Jika kecepatannya sesuai dengan yang Anda bayar, maka jaringan Anda berjalan dengan baik. Namun, jika kecepatannya tidak sesuai, maka cara terbaik untuk mempercepatnya ialah dengan mengupgrade paket internet Anda.

Artikel menarik:  Cara Mudah Instal Adobe Premiere

3. Troubleshoot Hardware
Sebelum Anda menyalahkan provider internet, cobalah untuk mereset modem dan router Anda dengan mematikan dan menghidupkannya lagi. Periksa juga gadget lain di rumah Anda untuk memeriksa apakah internetnya lambat juga. Jika masalahnya hanya terjadi pada satu router, maka masalahnya terletak di gagdet Anda, bukan router ataupun modem.

4. Matikan Bandwidth Hogging dan Aplikasi
Apabila hardware berjalan dengan baik, maka lihatlah apakah ada program atau aplikasi lain yang mendominasi koneksi. Contohnya jika Anda download file dengan BitTorrent, maka browsing pada web umunya akan menjadi lebih kambat. Anda juga harus mencoba memasang ekstensi seperti AdBlock Plus atau FlashBlock yang akan memblokir beberapa animasi, iklan, dan video bandwidth hogging.

5. Ganti Alamat Server DNS Baru
Saat Anda mengetikkan alamat atau link ke dalam browser seperti Gaptex.com, maka komputer Anda akan menggunakan sesuatu yang disebut DNS, untuk mencari dan menerjemahkannya ke alamat IP komputer. Seringkali, server yang digunakan komputer Anda untuk mencari tahu informasi itu bermasalah.