Cara Mudah Mempercepat Booting Komputer

Ketika sebuah komputer dihidupkan, baik desktop maupun laptop, ada jeda waktu yang dibutuhkan sebelum ia siap digunakan. Proses tersebut diistilahkan sebagai ‘booting’. Proses booting yang normal biasanya berlangsung hanya sebentar, terutama jika OS yang Anda gunakan masih fresh alias baru diinstal ulang atau baru dibeli. Semakin lama dan sering digunakan, proses booting pun akan semakin lamban.

cara mempercepat booting komputer

Selain faktor hardware seperti kecepatan processor dan kapasitas RAM, salah satu ‘biang kerok’ lemotnya komputer melakukan booting adalah banyaknya program yang ‘antri’ pada startup. Program-program startup tersebut secara otomatis akan berjalan tatkala sebuah komputer dihidupkan. Biasanya setting startup ini akan berjalan otomatis ketika sebuah aplikasi diinstal.

Sayangnya, tak semua aplikasi yang antri di startup memiliki fungsi penting. Kebanyakan justru membuat proses booting menjadi lambat. Nah, salah satu cara untuk mempercepat proses booting paling efektif adalah dengan menghilangkan berbagai program tidak perlu pada startup dan melakukan seleksi ketat atasnya.

Berikut cara mudahnya :
1. Klik start menu > run. Ketikan ‘msconfig’ tanpa tanda petik > OK
2. Pada jendela yang muncul, silahkan lihat tab General dan check pada kolom se;ective startup seperti gambar dibawah :

Baca Juga :  Belanja Hemat 10% di Lazada Setiap Senin Dengan Mastercard

cara mempercepat booting komputer 1

3. Jika sudah, klik tab startup dan hilangkan centang pada program yang tidak Anda perlukan. Pada beberapa kasus ekstrim, melakukan ‘disable all’ akan mempercepat proses booting secara signifikan. Simak gambar dibawah :

cara mempercepat booting komputer 2

4. Pilih OK. Selanjutnya silahkan restart komputer Anda untuk merasakan efek yang terjadi. Tanpa restart, biasanya efek perubahan setting tidak dapat dirasakan secara langsung.
5. Selesai.

Pada kebanyakan kasus, tips & trik mudah diatas biasanya ampuh untuk mempercepat booting komputer dan laptop. Jika belum berhasil, kemungkinan besar Anda perlu melakukan install ulang dan melakukan ‘bersih-bersih’ total komputer Anda dari berbagai macam program yang tidak perlu.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part