Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error

Tidak seperti keyboard pada PC desktop yang dapat dengan mudah diganti dengan yang baru apabila rusak, error dan tidak lagi bisa diperbaiki, pada laptop atau notebook (termasuk netbook), keyboard yang terintegrasi pada satu perangkat tidak dapat dengan mudah diganti begitu saja. Biaya yang harus dikeluarkan pun cukup mahal untuk mereparasi apalagi menggantinya dengan keyboard yang baru.

Laptop-Keyboard-error 2

Nah, sebelum Anda mengeluarkan kocek yang lebih dalam dengan membawa laptop tercinta ke bengkel servis, ada baiknya Anda mencoba tutorial mudah tentang cara memperbaiki keyboard laptop yang error yang akan disajikan di bawah ini.

Penyebab dan Jenis Keyboard Laptop Error
Ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan keyboard laptop menjadi error dan rusak. Kebanyakan disebabakan oleh faktor non-teknis seperti debu, terkena cairan (teh, kopi, air putih) atau terjatuh. Sementara faktor teknis meliputi kegagalan hardware, kesalahan program, virus dan lain sebagainya.

Untuk yang disebabkan oleh faktor non-teknis, ciri-ciri perilaku keyboard meliputi :
– satu atau lebih dari satu tombol seperti tertekan terus
– satu atau lebih dari satu tombol tidak berfungsi sebagaimana mestinya
– terdengar bunyi bip bip ketika laptop dihidupkan dan bisa menyebabkan kegagalan booting. Biasanya diakali dengan menekan salah-satu tombol lainnya pada saat restart.

Sementara itu, perilaku keyboard yang error karena faktor lainnya bisa membuat tombol keyboard berganti posisi atau beberapa huruf muncul bersamaan meski yang ditekan hanya satu tombol saja. Pada kasus yang ekstrim, baik teknis maupun non-teknis, tak jarang keyboard menjadi mati total.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang error
Tentu tidak semua kasus keyboard error dapat kita atasi sendiri. Pada jenis yang berat dan esktrim (matot), laptop membutuhkan penanganan ahli. Berikut beberapa cara memperbaiki keyboard laptop error :
1. Kasus 1 tombol. Jenis kerusakan inilah yang paling mudah diatasi. Dengan menemukan tombol mana yang rusak, maka keyboard laptop dapat diatasi dengan membuka tuts, mengorek tombol selaput bagian dalam dan membersihkannya dengan jarum atau cutter. Cara persisnya dapat Anda simak pada video dibawah :

Baca Juga :  [Tutorial] Cara Setting Sensor Sidik Jari Touch ID iPhone 5s

2. Kasus Ketumpahan Berat. Jika keyboard error disebabkan oleh cairan yang membuatnya basah, maka cara yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan hairdryer. Keringkan bagian keyboard yang basah dengan sabar dan perlahan dengan hairdryer hingga dirasa cukup kering. Perhatikan untuk tidak mengarahkan hairdryer terlalu dekat atau terlalu panas yang justru dapat memyebabkan kerusakan yang lainnya.

3. Kasus Kesalahan Sistem. Jika keyboard berperilaku aneh tanpa sebab yang pasti, kemungkinan sistem komputer Anda perlu diperbaiki. Melakukan instal ulang, plug-unplug hadrware bisa dicoba.

Jika seluruh cara dan upaya mudah diatas masih juga tak bisa mengatasi keyboard yang error tersebut, barulah Anda perlu membawanya ke tukang servis untuk minta diperbaiki. Perhatikan bahwa jasa servis yang terbaik adalah servis resmi bergaransi yang memang tersedia untuk hampir setiap merek laptop.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part