Cara Mudah Membuat Blog bagi Pemula

Di era yang serba online ini, banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk membuat blog, baik itu blog yang berbayar ataupun gratis. Para blogger pemula yakin jika dengan membuat blog, mereka dapat menghasilkan uang dari internet di setiap bulannya. Meskipun tidak salah jika Sobat Gaptex juga percaya dengan hal tersebut, tetapi yang perlu diketahui bahwa menghasilkan uang lewat blog sedikit sulit, apalagi jika Anda masih blogger pemula.

Cara Mudah Membuat Blog bagi Pemula

Sebelum menjadi blogger, pastinya Anda harus memiliki blog terlebih dahulu. Untuk itu, pada bahasan kali ini kami akan memberikan bagaimana caranya membuat blog bagi pemula dengan mudah. Seperti yang telah diketahui, sudah banyak puluhan platform untuk membuat blog. Dari yang gratis hingga berbayar sekalipun. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda harus memutuskan platform mana yang akan Anda gunakan, apakah itu WordPress, Blogger, Jimdo, Webs, Squidoo, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin sebuah blog yang simpel dan mudah diaplikasikan, mungkin bisa Anda pilih platform paling populer saat ini yaitu Blogger. Blogger merupakan sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs, namun sekarang telah diakuisisi oleh Google tahun 2003. Secara umumnya, blog yang dihost oleh Google sendiri berada di bawah subdomain blogspot.com.

Pada kesempatan sebelumnya, kami telah memberikan tutorial mengenai cara membuat blog melalui Android, maka kali ini Anda akan mengetahui bagaimana cara mudah membuat blog bagi pemula melalui PC. Berikut ini cara-caranya:

Artikel berhubungan:  7 Tips Merawat Baterai Laptop Supaya Awet

1. Silahkan kunjungi situs blogger.com. Lalu, klik “Create Your Blog” untuk membuat blog baru.

Cara Mudah Membuat Blog bagi Pemula 1

2. Setelah itu, Anda diharuskan untuk login terlebih dahulu menggunakan akun Gmail. Apabila Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuat akun Gmail terlebih dahulu. Kemudian, masukkan password Gmail yang sudah Anda buat sebelumnya dan klik masuk.

Cara Mudah Membuat Blog bagi Pemula 3

3. Sebelum masuk ke Blogger, Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat foto profil terlebih dahulu seperti di bawah ini. Jika sudah, silahkan isi data diri Anda dan klik “Create Profile”.

Cara Mudah Membuat Blog bagi Pemula 2

4. Langkah berikutnya, Anda hanya perlu mengonfirmasi profil Google+ yang sudah Anda buat dengan cara klik “Lanjutkan ke Blogger”.

Cara Mudah Membuat Blog bagi Pemula 4

5. Anda akan masuk ke dashboard Blogger di halaman baru. Untuk membuat blog, Anda dapat mengeklik tombol “Buat blog baru”.

Cara Mudah Membuat Blog bagi Pemula 5

6. Selanjutnya, tinggal masukkan saja data-data blog yang ingin Anda gunakan.

Cara Mudah Membuat Blog bagi Pemula 6

Keterangan:
• nomor 1 untuk nama blog yang ingin Anda gunakan
• nomor 2 untuk URL blog
• nomor 3 untuk template blogger yang akan digunakan

7. Setelah itu, klik “Buat blog” dan selesai! Sekarang Anda sudah memiliki blog baru.