BloggingTutorial

Cara Mudah Memasukkan Lagu di Blog

Anda pernah bertemu dengan situs web atau blog yang secara otomatis memainkan lagu ketika dibuka? Merasa penasaran dengan bagaimana cara melakukannya? Sebenarnya tidak ribet-ribet amat kok. Pada dasarnya, tinggal menambahkan widget music player pada blog Anda. Tenang, Anda tidak perlu melakukan coding sendiri untuk menciptakan music player. Ada beberapa situs web yang memberikan layanan pembuatan widget music player secara gratis. Salah satunya yakni SCM Music Player.

SCM Music Player merupakan salah satu free open-source web music player unggulan karena memiliki beragam fitur, seperti continuous playback, flexible dock, custom skin, dan kontrol penuh bagi user terhadap lagu-lagu yang dimainkan. Langsung saja, berikut ini cara memasukkan lagu di blog dengan menggunakan SCM Music Player.

1. Buka situs SCM Music Player.

Cara Mudah Memasukkan Lagu di Blog

2. Pada halaman yang tampil, scroll ke bawah, lihat di bagian “Choose Skin” untuk memilih warna bar music player yang Anda inginkan. Klik bulatan di samping kanan pilihan warna bar untuk menandai pilihan Anda. Pilihan template warna bar yang disediakan SCM Music Player cukup banyak dan variatif, tetapi Anda juga bisa mendesain warna bar sendiri dengan menggunakan CSS dan memasukkan URL-nya di kotak yang tersedia.

Cara Mudah Memasukkan Lagu di Blog 1

3. Setelah puas dengan pilihan warna bar, klik “Edit Playlist” untuk mengisi lagu-lagu apa saja yang hendak Anda mainkan di blog tersebut. Isi kolom Song Title untuk menuliskan judul lagu yang akan tampil di daftar putar. Isi kolom Song URL di sebelahnya dengan alamat lagu yang hendak dimainkan. Anda bisa mengambil lagu dari YouTube, SoundCloud, atau link yang berisi file MP3. Anda juga bisa mengisi lebih dari satu lagu ke SCM Music Player.

Perhatikan lagu-lagu yang Anda pilih. Sebaiknya, pilih tingkat audiobilitas yang sama untuk menghindari perbedaan volume suara yang terlalu jauh antar tiap lagu.

Cara Mudah Memasukkan Lagu di Blog 2

4. Klik “Next”, Anda akan dibawa ke Setup Wizard. Disini, sesuaikanlah pengaturan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Cara Mudah Memasukkan Lagu di Blog 3

Sebagai catatan,
Auto Play berfungsi untuk memutar lagu secara otomatis ketika blog Anda dibuka. Sebaiknya, nyalakan fitur ini supaya pengunjung blog segera tahu bahwa blog Anda dilengkapi dengan Music Player. Jika tidak, bisa-bisa pengunjung tidak menyadari keberadaannya sama sekali, dan widget pun tersia-siakan.

Shuffle Playback berfungsi sebagaimana fitur Shuffle pada Music Player biasa, yakni untuk memutar lagu dalam daftar playlist Anda secara acak. Hal ini tergantung pada Anda apakah mau menyalakan fitur ini atau tidak.

Default Volume berfungsi untuk mengatur volume standar di Music Player Anda. Sesuaikanlah dengan tingkat audiobilitas lagu-lagu Anda, jangan terlalu kecil, tetapi jangan pula terlampau besar karena akan sangat mengganggu pengunjung.

Repeat Mode untuk mengatur pengulangan lagu. Sebaiknya, pilih opsi Repeat Playlist agar lagu kembali dimainkan dari awal daftar putar ketika seluruh lagu sudah selesai dimainkan, supaya blog Anda tidak mendadak sunyi.

Placement of Player Bar adalah pengaturan letak pemutar musik yang hendak dipasang di blog Anda. Pastikan posisi bar tidak mengganggu pengunjung dalam membaca isi blog.

Show Playlist by Default untuk menampilkan daftar putar (playlist) secara
default, yakni di sebelah kanan tampilan blog Anda.

5. Klik “Done”. Kemudian akan ditampilkan kode HTML berdasarkan pengaturan-pengaturan yang telah kita buat.

Cara Mudah Memasukkan Lagu di Blog 4

6. Copy kode HTML tersebut, paste di kode HTML blog Anda. Anda bisa melakukan hal ini dengan membuka akun Blogger Anda, klik Template, lalu klik Edit HTML. Paste di bawah kode . Gunakan perintah Find (Ctrl + F) untuk memudahkan Anda.

Cara Mudah Memasukkan Lagu di Blog 5

 

Cara Mudah Memasukkan Lagu di Blog 6

7. Klik “Save Template”. Kini blog Anda telah dilengkapi dengan widget music player.

Semoga bermanfaat!