Tips & Trik

Cara Mudah Instal Adobe Premiere

Adobe Premiere adalah software pengeditan video yang bisa digunakan oleh pengguna amatir maupun profesional. Perangkat lunak ini bisa dibeli dan digunakan sendiri, atau bisa operasikan bersama dengan aplikasi lainnya seperti Adobe Photoshop, After Effects, dan lainnya. Dikesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi umum mengenai cara mudah instal Adobe Premiere dengan mudah dan simpel.

Bagaimana Adobe Premiere Bekerja?
Seperti kebanyakan perangkat lunak pengeditan lainnya, Adobe Premiere bekerja dengan cara mengimpor video dari sumber seperti rekaman video ke hard drive Anda, sehingga memungkinkan Anda membuat versi editan baru yang dapat Anda ekspor kembali ke tape, disk atau media lainnya.

Seberapa Baik Adobe Premiere itu?
Adobe Premiere adalah alat pengeditan video yang hebat karena mampu menghasilkan video berkualitas tinggi dan video berdefinisi tinggi. Software ini adalah paket yang sangat populer di kalangan penggemar video profesional, walaupun paket lain biasanya lebih disukai untuk tingkat produksi televisi yang paling atas. Premiere memiliki antarmuka bersih yang bagus dan relatif mudah digunakan untuk orang-orang dari semua tingkat keahlian.

Apa yang bisa dilakukan Adobe Premiere?
– Impor video, audio dan grafis dalam berbagai format.
– Edit, manipulasi dan atur elemen dalam garis waktu visual.
– Tambahkan efek, filter, judul, dan lainnya.
– Ekspor video yang Anda edit dalam berbagai format, termasuk rekaman video, DV, DVD, dan format video Internet biasa.

Cara Menginstal Adobe Premiere
Adobe Premiere secara khusus digunakan untuk merancang gambar, video, dan audio, dan membuat berbagai acara video seperti pernikahan, klip video, film pendek, video profil perusahaan, dan banyak lagi. Bukan seperti macromedia flash (sebelum diakuisisi oleh Adobe), dimana menjadi software editing flash berbasis animasi. Untuk penggunaan animasi bisa menggunakan Adobe After Effect (AE).

Berikut ini cara mudah menginstal Adobe Premiere:

1. Sistem membutuhkan Adobe Premiere Pro / CC
Sama seperti prosedur penginstalan berbagai macam software pengeditan video lainnya, untuk menginstal Adobe Premiere ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait spesifikasi atau persyaratan sistem software ini agar bekerja dengan baik dan optimal, agar terhindar dari crash dan lag pada aplikasi saat dijalankan. Adapun sistem kebutuhan Adobe Premiere Pro atau CC yaitu sebagai berikut:
– Prosesor Intel Core2 Duo atau AMD yang setara. Untuk kemudahan dalam proses rendering aplikasi harus menggunakan prosesor berkecepatan tinggi.
– Minimum RAM 4 GB, tapi direkomendasikan 8 GB. Penggunaan minimum dimaksudkan untuk basis sistem. Untuk operasi sehari-hari harus menggunakan memori 8 GB.
– Sistem operasi yang didukung yaitu Microsoft Windows 7 SP1 1 (64-bit), Windows 8 (64-bit), atau Windows 10.
– Tampilan layarnya mendukung 1280 x 800. Adobe Premiere membutuhkan VGA dan display beresolusi tinggi, karena aplikasi editing memerlukan resolusi tinggi untuk membuat layar kerja lebih lebar (wide).
– Kebutuhan ruang hard disk untuk sistem dasar minimal 4 GB. Namun, Anda perlu menyediakan hingga 15 GB saat sudah digunakan untuk kebutuhan operasional karya.
– Harddisk drive 7200 RPM
– Kartu suara yang kompatibel. Hal ini diperlukan untuk memasukkan konten audio ke file kerja.
– Quicktime 7 untuk kebutuhan fitur Quicktime.
– Koneksi internet digunakan untuk pendaftaran, aktivasi, dan validasi, serta berlangganan layanan online Adobe Premiere.

2. Cara Menginstal Adobe Premiere:
– Anda perlu memiliki installer DVD atau Adobe Premiere terbaru. Jika belum punya, maka download terlebih dahulu Adobe Premiere.
– Ekstrak file yang didownload tadi, Anda bisa menggunakan WinRAR atau WinZIP, bisa juga langsung ke folder C:\ dengan membuat folder baru.
– Jalankan installer dari folder tempat installer diunduh, klik dua kali pada file setup.exe dan jalankan, tunggu sampai jendela setup awal dan pilihan bahasa muncul.
– Di dalam pilihan bahasa, Anda memilih bahasa Inggris atau AS. Kemudian klik Next.
– Begitu pula pada tampilan awal, Anda perlu mengklik Next.
– Perjanjian Lisensi akan muncul, di mana ia mengatakan lisensi yang berlaku untuk Adobe Premiere, lanjutkan dengan klik Accept
– Di bagian informasi pelanggan, isikan informasi Username: Nama Anda, Organization: isi saja dengan nama organisasi bebas, pada nomor seri: isi dengan nomor seri yang ada untuk pemasangan Adobe Premiere. Kemudian klik Next.
– Selanjutnya, di bagian Destination folder, isi dengan folder tujuan instalasi. Karena kita tidak akan mengganti folder penginstalan (Default instalis pada: C:\ Program Files (x86). Klik pilihan Next.
– Klik tombol Install, tunggu sampai instalasi selesai.
– Saat jendela konfirmasi muncul bahwa proses instalasi telah selesai, klik tombol Finish. Proses instalasi telah selesai dengan sukses.

Demikianlah artikel kami kali ini yang membahas tentang bagaimana cara menginstal Adobe Premiere. Semoga artikel ini bisa memberi pengetahuan tambahan dalam berbagai jenis software multimedia, terutama software editing multimedia dan rendering audio video seperti Adobe Premiere. Semoga bermanfaat.