Cara Mudah Download Video di UC Browser

UC Browser merupakan salah satu browser mobile paling populer belakangan ini. Wajar saja jika jumlah penggunanya semakin hari semakin bertambah, sebab browser mobile satu ini mampu menghadirkan pengalaman browsing secara penuh seperti browsing di desktop, tetapi lewat perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. UC Browser juga terkenal karena terbilang cepat dalam loading halaman, sebab ia dapat mengkompresi halaman dari server serta melakukan pre-load halaman web di background.

Cara Mudah Download Video di UC Browser

Satu lagi keunggulan UC Browser yakni kemampuannya untuk digunakan mengunduh video dari YouTube secara langsung. Ini salah satu alasan utama orang banyak berduyun-duyun mengunduh browser mobile satu ini. Jika dengan browser lain Anda harus menggunakan layanan online lain nan merepotkan, Anda bisa mengunduh video YouTube dari UC Browser secara langsung. Akan tetapi, masih banyak pengguna UC Browser yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan hal tersebut. Sebab, keberadaan fitur tersebut memang agak ‘tersembunyi’. Dalam artikel berikut, kita akan membahas dua cara download video di UC Browser yang dapat Anda gunakan.

Patut dicatat, metode-metode berikut kemungkinan besar hanya dapat bekerja di UC Browser versi full atau reguler, tidak pada UC Browser versi lite atau mini. Sehingga, pastikan Anda menggunakan UC Browser versi full atau reguler sebelum melakukan metode-metode berikut. Anda bisa men-download-nya disini.

Metode 1 : Gunakan Add-On
Cara paling mudah dan paling praktis dan paling cepat untuk download video di UC Browser adalah dengan menggunakan program add-on. Salah satu fitur unggulan UC Browser adalah ketersediaan add-on platform nan lengkap, dan salah satu program add-on yang tersedia yakni bernama Video Downloader. Dengan add-on tersebut, kita dapat dengan mudah mengunduh video dari YouTube di UC Browser.

1. Jika Anda belum memiliki UC Browser versi terbaru di perangkat mobile Anda, silahkan unduh atau perbarui terlebih dahulu UC Browser versi terbaru.

2. Buka UC Browser, kemudian tap di sudut kanan atas ikon kotak-kotak dengan tanda tambah untuk membuka tampilan daftar add-on yang telah terpasang. Klik lambang tanda tambah (“ + “) yang berada di sebelah bawah daftar add-on guna menambahkan add-on baru.

Artikel menarik:  Mengulik GPS Lebih Dalam

Cara Mudah Download Video di UC Browser 1

3. UC Browser akan melakukan loading terlebih dahulu. Setelah beberapa lama, sebuah halaman baru akan ditampilkan dengan daftar semua add-on yang tersedia buat UC Browser. Cari Video Downloader, kemudian tap tombol Install di sebelah kanannya. Sebuah kotak dialog konfirmasi akan ditampilkan, Anda cukup menekan tombol OK disana.

Cara Mudah Download Video di UC Browser 2

4. Setelah proses instalasi selesai, Anda sudah siap mengunduh video dari YouTube secara langsung di UC Browser. Silahkan buka halaman video YouTube yang hendak Anda unduh. Tunggu sebentar (Anda bisa mem-pause video tersebut sementara Anda menunggu) hingga sebuah tombol download muncul pada bar di bawah video. Tekan tombol download ini untuk mengunduh video. Beres! File video akan tersimpan di perangkat Anda.

Cara Mudah Download Video di UC Browser 3

Bagaimana? Mudah, bukan? UC Browser menawarkan pengalaman download video nan ekstra cepat, sehingga menonton video YouTube melalui UC Browser sungguh nyaman dan praktis.

Namun, apabila dikarenakan satu dan lain hal Anda tidak dapat menginstal add-on Video Downloader, tidak perlu khawatir! Sebab, kita masih dapat mengunduh video YouTube secara langsung di UC Browser dengan menggunakan cara yang sedikit lebih manual.

Metode 2 : Gunakan Desktop Version
Tanpa memasang program add-on, kita tetap bisa mengunduh video dari YouTube di UC Browser. Caranya, kita manfaatkan mode desktop version.

1. Pertama-tama, silahkan buka video YouTube yang hendak Anda download melalui UC Browser.

Cara Mudah Download Video di UC Browser 4

2. Alihkan ke mode desktop version. Caranya, buka Settings > Network > Desktop UA, kemudian juga berikan tanda centang di Settings > Appearance > Zoom View In.

3. Copy kode JavaScript halaman tersebut.

Cara Mudah Download Video di UC Browser 5

4. Tekan tombol “ # “ dan tombol “ 0 “ di keyboard Anda, kemudian paste kode yang tadi telah Anda copy disana.

5. Akan muncul kotak dialog beserta opsi Download di bawahnya. Tekan tombol Download tersebut, dan file video akan disimpan ke perangkat Anda.

Cara Mudah Download Video di UC Browser 6

Semoga bermanfaat!