Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram

Sering kali kita ingin menyimpan foto atau video menarik yang terdapat di instagram agar bisa ditonton berulang-ulang. Akan tetapi, Instagram tidak menyediakan fitur untuk men-download foto atau video yang diunggah disana. Untuk mendapatkan foto yang diinginkan, kita memang bisa sekadar melakukan screen capture, namun hasil screen capture tidak selalu memuaskan. Sedangkan untuk men-download video di Instagram masih banyak di antara kita yang kebingungan. Lantas, bagaimanakah cara untuk men-download foto dan video Instagram dengan kualitas yang baik?

Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram

Jangan khawatir, berikut kita akan membahas mengenai tiga cara mudah donwload foto dan video Instagram.

Metode 1 : Gunakan Aplikasi Video Downloader for Instagram
Cara paling mudah yakni dengan menggunakan aplikasi. Ya, kini sudah ada aplikasi yang bernama Video Downloader for Instagram yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini bisa langsung Anda gunakan untuk men-download foto dan video Instagram tanpa perlu melakukan root atau proses rumit lain.

1. Download dan instal terlebih dahulu aplikasi Video Downloader for Instagram disini.

Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram 1

2. Buka aplikasi Instagram Anda, lalu carilah foto atau video yang hendak Anda download. Tap tombol tiga titik vertikal yang biasa ada di sudut kanan bawah tiap post, lalu pilih Copy Share URL.

Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram 2

3. Buka aplikasi Video Downloader for Instagram. Pilih tab Download Post. Paste di tempat yang disediakan, kemudian tap tombol Download.

Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram 3

4. Pilih jenis file yang hendak Anda download, apakah berupa foto atau video. Klik tombol download yang disediakan.

Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram 4

5. Proses download akan segera berjalan. File yang telah di-download akan disimpan di Gallery perangkat Anda. Beres!

Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram 5

Mudah, bukan? Download foto dan video Instagram memang paling praktis dengan menggunakan aplikasi Video Downloader for Instagram. Namun, masih ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk download foto atau video Instagram jikalau Anda tidak dapat menginstal aplikasi tambahan karena satu atau lain alasan. Meski demikian, metode kedua ini hanya bisa dilakukan di perangkat Android yang sudah di-root.

Artikel berhubungan:  Review Dojo.cc + Kupon Diskon Spesial 40%

Metode 2 : Ubah Format File di Cache Android yang Sudah Di-root
Seperti yang dikatakan tadi, metode ini hanya bisa dilakukan di perangkat Android yang sudah di-root. Anda perlu membuka File Manager perangkat Android Anda dengan akses root.

1. Buka foto atau video yang hendak Anda download di Instagram. Biarkan proses buffering berlangsung hingga foto atau video tersebut ditampilkan lengkap.

2. Buka aplikasi File Manager Anda, disarankan yang memiliki kemampuan akses root. Tap folder ‘Android’, lalu folder ‘Data’, kemudian folder ‘com.instagram.android’. Buka folder ‘Cache’.

3. Ubahlah nama file yang memiliki format .0, ganti dengan format .mp4. Beres! File tersebut kini sudah menjadi file media yang bisa Anda buka bebas di perangkat Android Anda. Untuk memudahkan navigasi, mungkin Anda perlu memindahkan file tersebut ke folder lain tempat Anda biasa menyimpan foto atau video.

Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram 6

Metode 3 : Download Foto atau Video Instagram Lewat PC
Dua metode di atas memang dilakukan melalui perangkat Android Anda, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukan hal yang sama melalui PC. Jika melalui PC, Anda bisa memanfaatkan layanan-layanan online yang tersedia untuk download foto atau video Instagram. Salah satu yang paling populer dan handal adalah www.dredown.com.

1. Copy Share URL dari foto atau video yang hendak Anda download.

Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram 7

2. Buka www.dredown.com, lalu pilih opsi Instagram pada bar di sebelah kiri.

Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram 8

3. Masukkan URL yang telah Anda salin di kotak yang disediakan.

4. Klik tombol DreDown! yang tersedia di sebelah kanan kotak tersebut.

5. File akan di-download ke PC Anda. Beres!

Semoga bermanfaat!