Cara Merawat Laptop Dengan Baik Agar Berumur Panjang

Laptop atau notebook merupakan perangkat kerja yang digunakan rutin setiap hari. Tak jarang, penggunaan laptop mendominasi pekerjaan pada jam kerja dan kebutuhan lain setelahnya. Faktanya, laptop juga menjadi perangkat untuk hiburan yang lengkap, mulai dari menonton film hingga bermain game.

Cara Merawat Laptop Dengan Baik

Supaya awet dan tahan lama, tentu saja laptop harus dirawat persis seperti perlakuan pada berbagai perangkat elektronik lainnya.

Berikut beberapa informasi tentang cara merawat laptop yang sebaiknya Anda ketahui :

1. Kebersihan. Salah satu pemicu kerusakan paling umum adalah faktor kebersihan. Bahwa laptop yang sering digunakan pasti bersenggolan dengan debu, minyak di tangan, kotoran dari udara atau bahkan ketumpahan makanan minuman. Sekali-kali, bersihkan laptop menggunakan tisu atau kain lap secara menyeluruh. Untuk kotoran yang berada di sela, Anda dapat mengeluarkan dengan cara mengguncang dan membalik posisinya. Jika perlu, gunakan vakum khusus yang banyak dijual untuk membantu pekerjaan.

2. Engsel. Bagian yang paling rentan dengan kerusakan adalah engsel. Apalagi jika laptop sering dibuka tutup. Selalu pastikan Anda melakukan aktivitas tersebut secara berhati-hati. Kerusakan engsel merupakan sesuatu yang cukup fatal karena biaya reparasinya tidaklah murah.

3. Redam goncangan. Salah satu komponen yang berada di dalam laptop adalah hardisk yang peka terhadap goncangan. Selalu usahakan agar laptop tidak dalam posisi terguncang yang hebat. Untuk mensiasatinya, gunakan sarung atau tas yang dapat menaham goncangan. Anda juga dapat menggunakan software yang berfungsi merawat hardisk.

Artikel berhubungan:  Ini Cara Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Printer Canon

4. Bungkus selalu. Untuk penggunaan laptop secara mobile, pastikan Anda selalu membungkusnya dengan cover atau tas yang dirancang khusus untuk laptop. Laptop yang senantiasa terlindungi dalam tas yang baik biasanya akan lebih awet dan tahan lama.

Cara Merawat Laptop Dengan Baik Agar Berumur Panjang

5. Hindari panas dan kondisi extrim. Selalu usahakan laptop tidak terpapar panas atau dingin atau lembab secara ekstrim. Meletakkan laptop dalam mobil yang terparkir di siang hari atau membiarkannya terpanggang sinar matahari akan membuat laptop cepat rusak.

6. Copot peripheral. Ketika mati atau disimpan dalam tas pelindung, usahakan seluruh komponen yang tertancap pada laptop dilepaskan seperti mouse, usb flashdisk, sambungan LAN dan lain sebagainya.

Selain beberapa cara diatas, ada lagi banyak cara yang dapat dilakukan untuk merawat laptop. Seluruh pentunjuk biasanya terdapat dalam manual yang disertakan dalam pembelian.

Semoga bermanfaat