Cara Menyembunyikan Partisi Drive di Windows

Dalam artikel berikut, kita akan membahas mengenai bagaimana cara menyembunyikan partisi drive di Windows. Terkadang, hal ini perlu kita dilakukan, terutama bila komputer yang kita gunakan bukanlah komputer pribadi alias dipakai secara bersama-sama, entah dengan teman satu kamar kost, keluarga, atau rekan kerja. Ada kalanya kita tidak ingin orang lain mendapatkan akses menuju file-file tertentu, apalagi sampai menghapus atau melakukan modifikasi terhadap file-file tersebut. Sehingga, bila file-file tersebut tersebar di satu partisi drive tertentu, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan terjadi adalah dengan menyembunyikan partisi drive itu.

Cara Menyembunyikan Partisi Drive di Windows

Dengan beberapa trik berikut, sebuah partisi drive dapat disembunyikan sehingga tidak tampil di Windows Explorer. Jika seseorang membuka My Computer, ia tidak akan melihat kehadiran partisi drive tersebut. Namun, partisi drive tersebut masih ada di disk, dan tetap bisa diakses oleh orang yang mengetahui keberadaannya dengan melalui program Run atau Command Prompt.

Langsung saja, berikut tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan partisi drive di Windows.

Metode 1 : Dengan Aplikasi NoDrives Manager
NoDrives Manager adalah sebuah aplikasi sederhana yang amat mudah dipahami, berfungsi untuk menyembunyikan partisi drive di Windows. Jika Anda tidak mau pusing-pusing melakukan sederetan langkah, Anda bisa mengunduh aplikasi ini disini . Ekstrak file yang diunduh, kemudian jalankan file Nodrvman.exe.

Cara Menyembunyikan Partisi Drive di Windows 1

Kemudian Anda bisa memilih partisi drive mana saja yang hendak Anda sembunyikan dengan memberi tanda centang pada huruf partisi drive-nya. Lalu, klik tombol Save Changes. Beres!

Mudah, bukan? Yang bagusnya lagi, aplikasi NoDrives Manager kompatibel dengan berbagai versi Windows, termasuk Windows XP, Vista, dan 7, baik 32-bit maupun 64-bit.

Metode 2 : Melalui Command Prompt
Tidak suka men-download dan menginstal aplikasi? Anda bisa menyembunyikan partisi drive secara manual dengan menggunakan Command Prompt. Patut dicatat, ketika Anda menyembunyikan partisi drive dengan cara ini, partisi drive tersebut tidak akan bisa diakses melalui Window Explorer hingga Anda menampilkannya kembali. Tidak perlu khawatir, data yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang. Ketika Anda menampilkannya kembali, data di dalam partisi drive tersebut akan tampil seperti sedia kala.

1. Jalankan Command Prompt di komputer Anda, bisa melalui Start > All Programs > Accessories > Command Prompt, atau melalui program Run (Windows + R) lalu ketikkan “cmd” dan tekan Enter.

Artikel berhubungan:  BBM Hadir di Windows Phone Awal Agustus 2014?

Cara Menyembunyikan Partisi Drive di Windows 2

2. Ketik “diskpart”, lalu tekan Enter. Jendela diskpart.exe akan ditampilkan.

Cara Menyembunyikan Partisi Drive di Windows 3

3. Ketik “list volume”, lalu tekan Enter. Daftar partisi drive yang terdapat di komputer akan ditampilkan.

Cara Menyembunyikan Partisi Drive di Windows 4

4. Perhatikan drive yang ingin Anda sembunyikan. Sebagai contoh, berdasarkan gambar di atas, misal Anda hendak menyembunyikan drive D. Perhatikan volume serta letter-nya.
– Pilih volume tempat disk yang dimaksud berada, dengan cara ketik “select volume 2” lalu tekan Enter.
– Hilangkan letter-nya, dengan cara ketik “remove letter D” lalu tekan Enter.

Cara Menyembunyikan Partisi Drive di Windows 5

5. Ketik “exit” untuk keluar dari diskpart.exe. Kini, drive D tidak akan ditampilkan di komputer Anda. Terkadang Anda perlu me-restart komputer terlebih dahulu sebelum drive D benar-benar disembunyikan.

Pertanyaan yang tak kalah pentingnya adalah, bagaimana cara menampilkan drive D tersebut kembali? Langkah-langkahnya sama, kecuali di langkah ke-4. Alih-alih mengetikkan “remove letter D”, ketikkan “assign letter D” lalu tekan Enter. Maka, drive D akan ditampilkan kembali.

Cara Menyembunyikan Partisi Drive di Windows 6

Metode 3 : Menggunakan Group Policy Editor
1. Jalankan program Run (Windows + R), lalu ketikkan “gpedit.msc” dan tekan Enter.

2. Klik dua kali di User Configuration. Kemudian, buka Administrative Templates > Windows Components > Windows Explorer. Di panel sebelah kanan, klik dua kali pada tulisan “Hide these specified drives in My Computer”.

Cara Menyembunyikan Partisi Drive di Windows 7

3. Pada jendela yang ditampilkan, pilih opsi Enabled. Kemudian, di opsi di bawahnya Anda bisa memilih drive mana yang hendak Anda sembunyikan. Sebagai contoh, kita memilih “Restrict D drive only” bila kita hanya hendak menyembunyikan drive D.

Cara Menyembunyikan Partisi Drive di Windows 8

4. Klik tombol OK. Drive yang Anda pilih kini akan disembunyikan dan tidak akan ditampilkan.

Pertanyaan yang sama pun muncul, bagaimana cara menampilkan kembali drive yang telah disembunyikan dengan cara ini? Anda cukup melakukan kembali langkah 1 dan 2, tetapi kemudian di langkah 3 Anda pilih opsi Not Configured lalu klik OK. Semua disk yang disembunyikan akan ditampilkan kembali seperti sedia kala.

Cara Menyembunyikan Partisi Drive di Windows 9

Semoga bermanfaat!