Tips & Trik

Cara Menyembunyikan Foto dan Video di iOS

Mempunyai koleksi foto dan video pribadi di perangkat iOS ialah hak semua orang. Begitu pula dengan hak privasi setiap orang apakah mereka mau menunjukkan koleksi foto dan video pribadi tersebut atau tidak. Namun ada kalanya. Anda ingin menyembunyikan foto dan video tertentu agar tidak bisa dilihat orang sembarangan. Lantas bagaimana cara menyembunyikan foto dan video di iOS tersebut?

Pada kesempatan sebelumnya, kami telah memberi informasi tentang mengatasi bug pada iOS 10, dan kali ini kami akan memberitahukan cara menyembunyikan foto atau video di perangkat iOS Anda sehingga tidak semua orang dapat melihat koleksi pribadi Anda. Secara sederhana, untuk menyembunyikan foto dan video, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:
· Buka aplikasi Photos di perangkat iOS Anda.
· Tap foto dan video yang ingin Anda sembunyikan.
· Tap ikon Share paling sudut kiri bawah. Untuk menampilkan berbagai pilihan, gulir menu bagian bawah ke kiri sampai Anda menemukan fitur ‘Hide’. Tap untuk mengonfirmasi.
· Kalau Anda menggunakan iCloud Photo Library, seluruh foto dan video yang disembunyikan tidak akan muncul di perangkat iOS lain seperti Mac, iPod Touch, iPad, dan iCloud.com.
· Walaupun foto da video tidak muncul di Moments, Years, dan Collection, Anda masih bisa mengaksesnya melalui folder Hidden di Albums.
· Selesai. Sekarang foto dan video Anda telah tersembunyi alias Hidden.

Selain menggunakan fitur Hide atau Hidden, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga di perangkat iOS seperti KYMS, KeepSafe, Overswipe, dan Reporter Camera. Bila dibandingkan dengan aplikasi lainnya, Reporter Camera memiliki cara yang berbeda, yakni jepret foto dan langsung masuk ke VAULT atau mode penyimpanan dengan keamanan Passcode Lock.

Kemudian, privasi dari foto atau video Anda memang perlu menjadi perhatian penting, terlebih lagi jika sering meminjamkan perangkat iOS kepada teman atau kerabat dekat. Untuk meminimalkan hal yang tak diinginkan terjadi, gunakanlah beberapa tips-tips di atas sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, cara yang bisa ditempuh yaitu rajin memindahkan atau menghapus foto dan video yang sudah tak diperlukan.