Seputar Tekno

Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara Tanpa Mematikan Internet

Semua masyarakat pengguna aplikasi layanan Instant Messaging pastinya tahu dan telah memiliki aplikasi ini pada smartphone, apalagi kalau bukan WhatsApp. WhatsApp pun tercatat adalah aplikasi favorit yang paling banyak digunakan di Indonesia. WhatsApp yang merupakan aplikasi jaringan chating lintas platfom sistem operasi atau Os, mulai Os BlackBerry, Os android, Os aple dan Os windows kecuali symbian dan peruntukan untuk smartphone pintar seperti samsung, sony, htc, smartfren, Mitto, lg, oppo, iPhone, iPad, Nokia windows. Walaupun aplikasi chatting lainnya berusaha memberikan fitur-fitur yang lebih menarik, namun WhatsApp tetap eksis di kalangan para pengguna smartphone di seluruh dunia karena kehandalannya meskipun dalam jaringan internet yang tidak stabil sekalipun.

Aplikasi chatting yang satu ini dapat digunakan untuk panggilan suara maupun video dengan kualitas yang sangat baik. Dan juga karena fungsinya sebagai aplikasi layanan pengelola pesan, membuat hampir setiap jam bahkan menit ada pesan juga panggilan yang masuk. Selain itu, aplikasi ini juga langsung memasukkan semua kotak nomor Anda menjadi kontak WhatsApp sehingga Anda tidak perlu lagi memasukannya satu per satu. Keunggulan lainnya aplikasi whatsApp dan centang biru yang memberitahu Anda akan isyarat bahwa pengiriman pesan yang telah Anda kirim telah dibaca oleh penerima.

Namun kekurangan dari Aplikasi WhatsApp ini, karena aplikasi WhatsApp tidak menyediakan fitur logout sehingga sebagian besar pengguna WhatsApp kebingungan ketika ingin mengganti akun dan di beberapa waktu tertentu, pesan dan panggilan yang masuk di notifikasi WhatsApp dapat pula menggangu dan menghilangkan fokus kita ketika melakukan sesuatu. Pada saat seperti itu pastinya Anda ingin menonaktifkan WhatsApp untuk sementara waktu saja.

Menonaktifkan WhatsApp sementara pada smartphone ada pentingnya karena berguna untuk keperluan tertentu. Seperti saat Anda ingin menghindari pesan dari orang yang iseng, atau dalam keadaan penting misalnya sedang rapat atau ingin fokus melakukan sesuatu tanpa ada gangguan. Oleh karenanya, Anda pada artikel yang tepat untuk mengetahui cara jitu agar Anda tetap nyaman menggunakan aplikasi ini kapan pun dan dalam kondisi apapun. Namun, umumnya kebanyakan pemilik smartphone yang menggunakan aplikasi WhatsApp memilih jalan pintas yakni mematikan data Internet atau mematikan ponselnya.

Sebelum Anda menonaktifkan sementara harus Anda ketahui bahwa baik pesan dari orang maupun grup tidak akan muncul sama sekali pada smartphone. Sehingga Anda bisa dengan tenang menggunakan smartphone dengan koneksi Internet tetap dalam keadaan hidup.

Padahal ada caranya yang telah kami siapkan agar Anda lebih nyaman dalam menonaktifkan WhatsApp sementara dan yang pasti tanpa harus keluar akun, mematikan ponsel ataupun mematikan data seluler, berikut caranya:
1. Jika Anda masih membuka aplikasi WhatsApp, maka Anda harus menutupnya terlebih dahulu.
2. Lalu selanjutnya, masuk ke menu pengaturan ponsel Anda dan pilih Aplikasi Terinstal.
3. Anda akan melihat berbagai daftar aplikasi yang dipasang di smartphone Anda, karena Anda di sini ingin melakukan log out aplikasi pada WhatsApp, carilah aplikasi WhatsApp di daftar aplikasi terinstal. Lalu pilih.
4. Disana ada tombol ‘paksa berhenti’ atau force close, silahkan tekan tombol tersebut, setelah berhasil maka WhatsApp Anda akan nonaktif untuk sementara waktu. (Jangan khawatir tidak dapat mengakses akun Anda kembali karena menghentikan aplikasi secara paksa (force close) hanya bertujuan untuk menghentikan segala proses yang terkait dengan aplikasi tersebut, yang nantinya ketika Anda membuka kembali WhatsApp maka secara otomatis pula semua sistem yang terkait dengan WhatsApp akan berjalan kembali seperti semula).
5. Jika ada yang mengirim pesan ke WhatsApp Anda, maka hanya akan terlihat centang satu pada ponsel pengirim pesan. Yang mana centang satu tersebut mengisyaratkan pesan sudah berhasil dikirim ke server namun belum berhasil terkirim ke ponsel Anda.
6. Untuk mengaktifkan kembali WhatsApp, Anda hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp kembali dan pesan yang terpending akan langsung Anda terima.

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

Atau adapun cara lainnya dengan melalui peranan aplikasi Greenify, yang cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, dimana ia akan memasukkan aplikasi-aplikasi yang terpilih ke dalam mode hibernasi atau menjadi tidak aktif untuk sementara.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Download terlebih dahulu aplikasi Greenify di Google Play Store secara gratis.
2. Setelah aplikasi berhasil terinstall pada smartphone, lalu buka aplikasinya kemudian tap Berikutnya > pilih “My device is NOT rooted” (jika HP kamu tidak di root) > tap Berikutnya > Jika smartphonemu menggunakan sensor sidik jari maka centang “Yes, I use it daily.”
3. Lalu Swipe layar ke bawah tap tulisan “Not Now (Manual Hibernation Only)“, Ok > tap Berikutnya > Skip, Ok > Finish.
4. Kemudian Anda akan ke tampilan awal Greenify, tap tombol “+” kemudian pilih aplikasi WhatsApp > Tap tombol Zzzz.
Catatan: Agar aplikasi Greenify dapat bekerja, Anda harus mengaktifkan aksesbilitas dan juga akses data penggunaan aplikasi di smartphone androidmu.

Seluruh smartphone dapat melakukan cara log out sementara ini, dan tidak perlu lagi untuk uninstall pada aplikasi Whatsapp dan akun Anda akan tetap aman dan pesan yang pending pun akan dapat kembali diterima saat WhatsApp telah Anda aktifkan kembali. Karena aplikasi WhatsApp hanya sedang berada pada status berhenti, jadi untuk mengaktifkannya kembali Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut.