Cara Menonaktifkan Tombol Windows di Keyboard

Pada hampir seluruh keyboard yang ada sekarang, biasanya terdapat dua buah tombol berlogo Windows. Saat tombol ini ditekan, menu Start akan terbuka tanpa harus mengklik tombol di layar monitor dengan mouse. Selain untuk membuka menu Start, tombol ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka beberapa aplikasi di windows.

Cara Menonaktifkan Tombol Windows di Keyboard

Cara pengguna Windows sejati tentunya sudah hafal betul hotkey-hotkey untuk menjalankan suatu fungsi pada Windows, misalnya Windows + e untuk menjalankan fitur Computer, Windows + r untuk menjalankan fitur Run, berpindah program dengan Windows + tab, dan sebagainya. Ternyata hotkey-hotkey ini dapat menjadi masalah bagi PC yang selalu digunakan bersama. Apa sebabnya? Dengan adanya akses ke semua file yang ada di koputer, seseorang mampu mengutak-atik isi di dalamnya belum lagi jika pengguna memanfaatkan shortcut-shorcut lain untuk mengakses sistem.

Oleh karena itu, dengan menghilangkan hotkey Windows ini berarti Anda sudah mengurangi kemungkinan-kemungkinan buruk tersebut. Setidaknya mengurangi niat orang iseng yang ingin menjahili PC. Di sini Anda diharuskan mengedit registry untuk melakukan perubahan setting pada sistem jadi, pastikan Anda mem-backup-nya sebelum melakukan modifikasi manual ini.

1. Jalankan Registry editor yaitu dengan mengetikkan regedit pada menu Start.
2. Masuklah ke sub key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.
3. Kemudian buatlah data DWORD Value 32 bit baru dengan mengklik kanan mouse kemudian pilih menu New > DWORD value (32 bit) dan beri nama DWORD Value tersebut dengan nama NoWinkeys.
4. Klik ganda data tersebut dan gantilah nilainya menjadi 1. Restart PC Anda untuk melihat hasilnya.

Sekarang, cobalah menjalankan fitur Computer dengan hotkey Windows + e atau menjalankan fitur lain melalui tombol Windows dan amati apa yang terjadi. Windows tak akan merespon permintaan Anda itu.

Apabila Anda berkeinginan untuk mengembalikan setting ke kondisi semula, Anda dapat mengganti nilai 1 tersebut menjadi 0 atau langsung menghapus DWORD Value NoWinkeys. Pastikan Anda selalu melakukan restart setiap kali menedit registry.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part