PCTips & TrikTutorial

Cara Menonaktifkan Layanan Automatic Update Windows

Pengamanan melalui automatic update sangat bermanfaat jika Anda terkoneksi dengan internet. Anda akan mendapatkan semua update penting yang tersedia. Apabila ternyata PC Anda tidak terhubung dengan Internet Anda dapat mematikan fitur auto update ini melalui menu Start Control Panel > System and Security > Windows Update > Change Settings > Never Chek for updates.

Cara Menonaktifkan Layanan Automatic Update Windows

Cara penonaktifan di atas memang cukup efektif dan mudah dilakukan. Namun ternyata cara tadi cara tadi bisa dipandang tidak efisien dari sisi sumber daya hardware. Ini disebabkan, layanan update sebenarnya masih bekerja di belakang layar. Artinya, terdapat pemborosan resource di PC Anda. Agar ini tidak terjadi, Anda harus mematikan layanan automatic update melalui Administrative Tools.

Langkah-langkahnya : klik Start > Control Panel > System and Security > Administrative Tools > Services. Pada jendela Services, carilah layanan dengan nama Windows Updates kemudian klik ganda service tersebut.

Ubah Start-up type yang sebelumnya berada pada posisi Automatic menjadi Manual. Hentikan layanan yang sedang berjalan dengan mengklik tombol Stop. Sesaat kemudian proses penghentian akan dilaksanakan Klik OK untuk menutup Automatic Updates Properties (Local Computer).

Kalau Anda sudah menerapkan trik ini, sedikit beban PC Anda akan berkurang. Sebagai kompensasinya, jangan lupa untuk selalu menginstal critical update yang tersedia di situs Microsoft.

Semoga bermanfaat!