Tips & TrikTutorial

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Blackberry

Google Play dengan beragam applikasi Android berekstensi .apk memang tumbuh sangat subur. Jumlah app yang tersedia bahkan sudah jauh meninggalkan pasar iOS di App Store Apple. Jika Google Play dan App Store masing terus melakukan persaingan applikasi dari sisi kualitas dan kuantitas, hal yang sama tidak berlaku di Blackberry App World yang stagnan.

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Blackberry

Demikianlah, Blackberry pun memutuskan untuk mendukung applikasi Android di perangkatnya. Disinyalir, CEO Blackberry John Chen mengklaim bahwa sebanyak 98% app Android bisa berjalan lancar di perangkat Blackberry. Lalu bagaimana cara menjalankan aplikasi Android di Blackberry?

Pertama, pastikan bahwa Blackberry Anda memiliki OS 10. Aplikasi Android tidak akan berjalan pada Blackberry dengan OS lebih lama. Sementara ini, Blackberry dengan OS BB10 berjumlah sangat sedikit : Z10, Z30, Q5, Q10.

Kedua, Anda memiliki opsi untuk mengunduh applikasi Android (format .apk) dari berbagai sumber yang ada dan menginstallnya secara manual di perangkat Blackberry.

Ketiga, Anda bisa mendownload app Google Play dan menginstallnya di pernagkat Blackberry Anda. Dengan memiliki Google Play, maka Anda bisa mencari dan mendownload seluruh applikasi yang tersedia di Android market.

Download manual Google Play (.apk) disini.

Catatan :
– Meski diklaim 98%, faktanya jumlah app yang tidak berjalan mulus di Blackberry cukup banyak. So, pastikan Anda mengecek kembali sebuah program Android yang diunduh.
– Rata-rata app Android akan berjalan mirip dengan perangkat Andorid jika memiliki layar sentuh yang cukup lebar.

Selamat mencoba!