Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Gratis

Traffic blog merupakan sesuatu yang penting bagi blogger, sebab hal tersebut menunjukkan bahwa blog mereka memiliki nilai tawar yang tinggi. Setiap blogger pasti ingin blog miliknya dikenal luas dan tak jarang ada blogger yang menggunakannya sebagai media bisnis yang menguntungkan. Untuk meningkatkan traffic pengunjung blog, Anda dapat melakukannya dengan berbayar ataupun secara gratis.

Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Gratis

Pada tulisan ini, kita akan membahas terlebih dahulu cara meningkatkan traffic blog secara gratis. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Blog Walking
Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog orang lain, baik blog yang memiliki hubungan dengan kita maupun yang tidak berhubungan. Setelah selesai melakukan kunjungan, sebaiknya kita meninggalkan komentar di salah satu posting. Setiap blog menyediakan kolom komentar yang dapat digunakan para pengunjung untuk berkomentar. Sebagian blogger mengunci kolom komentar ini, namun sebagian besar membukanya lebar-lebar. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh kita untuk selain berkomentar juga meninggalkan URL blog kita sehingga membuka kemungkinan si pemilik blog untuk melakukan kunjungan balik. Hanya saja, kita tetap harus mengutamakan etika, di antaranya dengan tidak berkomentar dalam bentuk spam.

2. Social Bookmarking
Social bookmarking pada awalnya dibuat untuk membantu para netter dalam menyimpan alamat website yang disukai supaya memudahkan mereka ketika ingin membukanya kembali di kemudian hari. Dalam perkembangannya, social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO dan meningkatkan traffic blog. Kita bisa menyimpan URL blog kita ke website social bookmarking. Hal ini membuka kemungkinan bagi para netter yang tertarik dengan URL tersebut untuk berkunjung ke blog kita. Di samping itu, website social bookmarking juga sering memperoleh traffic dari search engine sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan traffic blog.

3. Social Media
Sekarang ini zamannya social media. Selain perkembangan smartphone, hal ini juga didukung oleh pertumbuhan pengguna social media yang tidak kalah pesat. Anda harus memahami bahwa social media adalah salah satu cara untuk meningkatkan traffic blog. Sesuatu yang populer di social media biasanya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan atensi dari para pengguna social media. Sebagai contoh adalah bisnis, bisnis banyak yang mengalami peningkatan profit setelah memanfaatkan social media. Beberapa social media yang dapat digunakan untuk memperoleh traffic blog yang signifikan antara lain Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, dan Pinterest, termasuk YouTube.

Artikel berhubungan:  Pengertian Dropship : Bisnis Online Tanpa Modal

4. Online Community
Online community atau online forum merupakan sebuah media internet yang sering dijadikan ajang untuk berdiskusi berbagai macam hal. Contohnya antara lain Kaskus, Detik Forum, dan Kompas Forum. Kita bisa memanfaatkan online community untuk mempromosikan blog dengan menyertakan URL pada sejumlah thread atau pada kolom signature, namun dengan tetap mematuhi rules yang berlaku di setiap topik yang sedang didiskusikan. Ada beberapa forum yang tidak memperbolehkan adanya link di dalam thread. Online community tersedia cukup banyak di dunia maya, namun sebaiknya kita fokus pada beberapa forum saja yang sekiranya sesuai dengan tema blog kita.

5. Guest Post
Guest post artinya menjadi penulis artikel atau opini di sebuah website. Ada banyak website yang membuka kesempatan bagi para penulis untuk berpartisipasi mengisi konten di sana. Sebagian website yang menerima kiriman tulisan memberi kesempatan kepada si penulis untuk memasang URL blog mereka, biasanya di bagian author. Ada pula yang memperkenankan si penulis untuk menyertakan URL di dalam tulisan mereka. Selain berperan dalam optimasi SEO, guest post dapat meningkatkan traffic blog, apalagi jika tulisan kita cukup diminati di website tersebut. Namun tentunya, setiap website memiliki kriteria masing-masing tentang tulisan yang dimuat.

Semoga bermanfaat!