Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Berbayar

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan traffic blog. Jika sebelumnya kita telah membahas cara meningkatkan traffic blog secara gratis, kali ini kita akan mengulas cara yang berbayar. Jika memiliki kekuatan finansial berlebih, tidak ada salahnya Anda merogoh isi saku untuk menarik pengunjung dengan memasang iklan di blog Anda.

Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Berbayar

Iklan merupakan cara efektif yang dapat dicoba untuk menambah kunjungan blog. Berikut ini adalah cara menggunakan iklan untuk meningkatkan traffic blog dengan berbayar :

1. Pay Per Click (PPC)
Salah satu strategi dalam online marketing untuk mendapatkan traffic adalah dengan cara beriklan. Biaya dan jenis iklan di internet pun bervariasi. Di antaranya yang berkaitan dengan cara meningkatkan traffic blog adalah pay per click atau PPC. Pada konteks blogging, PPC adalah sebuah program periklanan dimana pemilik blog akan dibayar atas setiap klik yang dilakukan pengunjung pada link iklan yang terpasang di blog tersebut. PPC ini memiliki dua tipe, yaitu :

– PPC untuk Advertiser (Pemilik Produk)
Pihak advertiser memasang iklan di suatu website, lalu website ini ditampilkan di blog pihak publisher. Pengunjung yang datang ke blog publisher, jika tertarik akan melakukan klik pada iklan tersebut dan terjadilah transaksi pembayaran antara advertiser dan publisher. Advertiser akan membayar setiap iklan yang diklik oleh pengunjung di blog publisher.

– PPC untuk Publisher (Pemilik Blog)
Pihak publisher mendaftarkan blognya untuk diikutkan dalam sebuah program periklanan, misalnya Google Adsense. Publisher lalu mendapatkan kode untuk dipasang di blognya dan iklan pun ditampilkan di blog tersebut. Sama seperti sebelumnya, pengunjung yang datang akan memberikan klik pada iklan jika tertarik. Publisher akan memperoleh bayaran untuk setiap iklan yang diklik pengunjung.

Selain Google Adsense, Google Adwords adalah penyedia jasa iklan PPC yang juga populer saat ini karena memiliki jaringan advertiser dan publisher yang sangat banyak di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Keunggulan yang menjadi ciri khas Google Adwords adalah iklan yang muncul adalah yang sesuai dengan artikel atau konten blog. Banyak komentar positif dari para blogger setelah menggunakan Google Adwords, baik untuk mengembangkan bisnis maupun untuk meningkatkan traffic blog mereka.

Baca Juga :  Cara Mencegah Copy Paste di Blog

2. Social Media Advertising
Pada tulisan sebelumnya, kita sudah sepakat bahwa sekarang ini zamannya social media. Selain dapat digunakan untuk promosi blog, social media juga bisa dipakai untuk memasang iklan dalam rangka memaksimalkan kunjungan blog. Salah satu social media advertising yang dapat dimanfaatkan adalah Facebook Ads. Facebook sendiri merupakan social media yang sudah terbukti cukup efektif untuk beriklan karena termasuk jejaring sosial populer yang banyak digunakan. Anda bisa memilih target pasar dan anggaran iklan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, sebab hal ini berpengaruh terhadap efektivitas iklan. Proses memasang iklan di Facebook Ads pun tidak terlalu sulit.

3. Classified Ads (Iklan Baris)
Cara ketiga yang dapat dicoba untuk meningkatkan traffic blog dengan berbayar adalah menggunakan website iklan baris, baik yang gratis maupun berbayar. Tentu saja, cara berbayar cenderung lebih efektif. Saat ini tersedia banyak sekali website yang menawarkan space iklan baris, namun Anda perlu mempertimbangkan yang benar-benar menguntungkan blog Anda. Beberapa contoh website iklan baris antara lain: www.iklanbaris.co.id, www.pasangiklan.co.id, dan www.webiklan.com. Masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part