Berita

Cara Mengurangi Beban RAM pada Laptop

Apakah laptop Anda lemot? Jika iya, ada dua penyebab utama kenapa laptop Anda menjadi lemot yaitu yang pertama ialah karena masalah hardware tidak memadai atau banyaknya perangkat lunak yang berjalan sekaligus di background. Untuk penyebab kedua, bisa jadi adalah RAM overload atau kelebihan beban sehingga kinerja laptop semakin lambat, bahkan nge-lag.

Cara Mengurangi Beban RAM pada Laptop

Pada kesempatan lalu, Sobat Gaptex telah mengetahui bagaimana cara memaksimalkan kinerja RAM Android, maka kali ini Anda akan mengetahui cara mengurangi beban RAM pada laptop. RAM atau Random Access Memory ialah tempat media penyimpanan proses data sementara yang bekerja hanya pada saat laptop menyala. RAM juga termasuk memori temporer alias sementara karena hanya untuk mempercepat kinerja laptop saat membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Namun lama-kelamaan RAM akan overload sehingga membuat kinerja laptop menjadi lambat. Oleh sebab itu perlu dilakukan langkat penonaktifkan fitur Superfetch supaya RAM jadi tidak overload. Pada Windows 7, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:
· Masuk pada menu Control Panel > System and Security
· Setelah masuk menu tersebut, klik Adminitrative Tools
· Di dalam menu Adminitrative Tools, akan muncul halaman baru dan silahkan cari menu “Service”. Bukalah menu ini dan kemudian scroll sampai ke bawah sampai Anda menemukan Superfetch
· Klik kanan pada Superfetch dan klik Properties
· Setelah itu, ubahlah pengaturan pada Start up type dari Automatic menjadi Disabel. Lalu silahkan klik Stop dan tunggu beberapa saat hingga proses berhasil.
· Klik OK.

Artikel menarik:  Titan V, GPU PC Terkencang dari Nvidia Seharga Rp 40 Juta

Jika cara di atas tidak bisa mengurangi beban RAM karena laptop masih saja lemot, Anda bisa melakukan cara-cara sebagai berikut:
· Hapus program yang tidak penting
· Defragment Harddisk (http://gaptex.com/pengertian-defragment-dan-cara-melakukannya/)
· Kurangi program yang bekerja di Start up Windows
· Back up font yang tidak digunakan lagi
· Buang data atau file yang tidak penting
· Kurangi efek visual atau animasi
· Periksa dan hapus virus-virus pada laptop
· Nonaktifkan sistem Index search
· Percepat proses Shutdown
· Kurangi service yang tidak perlu

Itulah cara-cara untuk meringankan beban RAM yang overload pada laptop Anda. Jika masih terjadi masalah, maka hardware laptop Anda tidak memadai sehingga diharuskan untuk upgrade atau menambah RAM. Untuk menambah RAM, sebaiknya Anda memperhatikan tipe motherboard yang laptop miliki, berapa maksimal chanel yang didukung dan faktor lainnya.