Cara Mengubah Font Perangkat Android Tanpa Root

Dalam kebanyakan kasus, font default di smartphone atau tablet Android Anda sudah cukup untuk memberikan kenyamanan penggunaan. Roboto tampil cukup baik dan memiliki ukuran yang pas untuk bisa dibaca dengan nyaman. Namun, beberapa di antara kita barangkali tetap lebih memilih untuk menggunakan jenis font yang berbeda, entah hanya karena preferensi personal, ingin tampil beda, atau demi kepuasan tersendiri untuk bisa mengutak-atik sistem perangkat Android kita.

Cara Mengubah Font Perangkat Android Tanpa Root

Yang mana pun alasan Anda, jika Anda hendak mengubah font perangkat Android Anda, Anda berada di halaman yang tepat. Salah satu hal terkeren dari sistem operasi Android adalah opsi kustomisasinya yang sangat luas. Anda bahkan bisa saja mengubah font yang digunakan di user interface-nya. Seseorang bisa saja melakukan root terlebih dahulu untuk kemudian mengganti file font .ttf di folder System secara manual. Namun, proses root sering kali memakan waktu dan terbilang cukup rumit. Padahal, untuk mengganti font perangkat Android, Anda tidak harus melakukan root, kok. Lalu, bagaimana cara mengubah font perangkat Android tanpa root?

Perangkat dengan Fitur Font Built-In
Meski sistem operasi Android pada dasarnya tidak memiliki fitur pengguna yang memungkinkan pengubahan font, beberapa vendor gadget telah mengadaptasi software mereka agar dapat menghadirkan fitur ini, seperti Samsung, HTC, dan LG. Prosesnya mungkin sedikit berbeda antara satu handset dengan handset lain, tetapi sering kali Anda bisa menemukan opsi pengubahan jenis font di Settings, di bagian Display. Di sana, Anda bisa mengganti jenis font beserta ukuran font.

Sebagai contoh, beberapa perangkat Android Samsung menyediakan fitur untuk mengubah font style alias jenis font. Samsung telah mneyediakan beberapa jenis font secara default, tetapi Anda bisa mengunduh font-font lain di Google Play Store. Mengganti jenis font di sini sangat mudah, Anda hanya perlu membuka Settings > Display > Font Style, lalu pilih jenis font yang Anda kehendaki, dan konfirmasi pilihan Anda. Beres. Bahkan tidak perlu reboot. So, sebelum dibuat pusing dengan langkah-langkah nan panjang, coba cek dulu apakah perangkat Anda telah memiliki fitur pengubahan font secara built-in.

Menggunakan Aplikasi Launcher
Perangkat Anda tidak memiliki fitur pengubahan jenis font? Tidak perlu khawatir. Salah satu cara untuk mengubah font Android adalah dengan menggunakan aplikasi launcher. Beberapa aplikasi launcher telah menyertakan fungsi pengubahan font. Salah satu aplikasi launcher yang cukup terkenal dan menyediakan fitur tersebut ialah GO Launcher. Untuk mengubah font dengan GO Launcher,
1. Salin file font .ttf yang hendak Anda gunakan ke perangkat Android Anda.
2. Buka aplikasi GO Launcher.

Artikel menarik:  Mengulik GPS Lebih Dalam

Cara Mengubah Font Perangkat Android Tanpa Root 1

3. Cari dan buka aplikasi Tools. Tap di ikon Preferences.

Cara Mengubah Font Perangkat Android Tanpa Root 2

4. Scroll ke bawah, lalu pilih Personalization. Tap di Font.

Cara Mengubah Font Perangkat Android Tanpa Root 3

5. Tap di Select Font, lalu tap jenis font yang ingin Anda gunakan.

Cara Mengubah Font Perangkat Android Tanpa Root 4

Perubahan akan segera diterapkan tanpa perlu reboot perangkat. Juga, bila Anda ingin lebih banyak pilihan jenis font untuk digunakan dengan GO Launcher EX, Anda bisa men-download dan menginstal GO Launcher Fonts.

Menggunakan aplikasi iFont
Aplikasi iFont juga dapat digunakan untuk mengubah jenis font perangkat Android. Namun, kompatibilitasnya agak terbatas. Mula-mula ia hanya bekerja di perangkat Samsung, meski pihak pengembangnya terus meningkatkan kompatibilitas iFont terhadap perangkat-perangkat lain. iFont dapat digunakan di perangkat rooted maupun non-rooted.

Untuk menggunakan iFont tanpa root
1. Aktifkan izin instalasi aplikasi dari pihak ketiga. Anda bisa menemukannya di Settings > Security > Unknown sources.

Cara Mengubah Font Perangkat Android Tanpa Root 5

2. Buka aplikasi iFont. Pilih tab Online.

Cara Mengubah Font Perangkat Android Tanpa Root 6

3. Tap di jenis font yang ingin Anda gunakan, lalu tekan tombol Download.
4. Tap di tombol Set. Atau, buka Settings > Display > Font Style. Pilih jenis font yang Anda kehendaki.

Cara Mengubah Font Perangkat Android Tanpa Root 7

Font yang baru akan segera diterapkan tanpa memerlukan reboot perangkat. Aplikasi iFont terbilang cukup handal, karena tersedia secara gratis tanpa menampilkan iklan yang mengganggu, juga kini dapat bekerja di berbagai macam perangkat. Juga, ia juga bisa digunakan untuk perangkat rooted.

Semoga bermanfaat!