Cara Menghilangkan Trojan di Smartphone Android

Trojan horse termasuk virus berbahaya yang tidak hanya menyerang komputer atau laptop berbasis Windows, tetapi juga perangkat smartphone atau PC tablet dengan sistem operasi Android. Sebagaimana diketahui, jika virus atau malware sudah menyerang sistem operasi, hal tersebut berbahaya karena data-data personal berpotensi untuk disalahgunakan. Pengguna bisa mengalami kerugian besar, baik kerusakan perangkat maupun penyalahgunaan data.

Cara Menghilangkan Trojan di Smartphone Android

Trojan horse dapat membaca dan mengirim pesan tanpa sepengetahuan pengguna Android. Pada umumnya, nomor tujuan pengiriman pesan adalah nomor premium yang membuat pulsa cepat habis karena berbayar tinggi. Di samping itu, trojan horse bisa mengambil alih akun keuangan Anda dan membajaknya tanpa ampun. Lebih lanjut, virus ini sebenarnya tak hanya menyerang Android, tapi juga sistem operasi lainnya, seperti iOS dan BlackBerry.

Salah satu trojan horse yang diburu aplikasi ini adalah Ghost Push Trojan. Trojan ini sangat berbahaya dan berbeda dari trojan lainnya karena menginfeksi ROM dan menyebabkan kerusakan sistem. Ketika masuk ke smartphone, trojan ini mampu memperbanyak diri agar semakin sulit dihilangkan dari perangkat. Dan tentunya, makin banyak trojan akan membuat kerusakan sistem makin parah, bahkan mampu melakukan deaktivasi administrator Android.

Trojan horse terbilang ganas lantaran tidak semua anti virus mampu mengatasi virus tersebut. Oleh karena itu, diperlukan penanganan serius untuk menangani masalah yang diakibatkan virus ini. Salah satu aplikasi anti virus yang sudah terbukti mampu menghapus keberadaan trojan horse adalah Stubborn Trojan Killer. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki tujuan khusus yakni memberantas virus trojan, tanpa mengganggu kinerja perangkat Android.

Baca Juga :  Pengertian Google Classroom

Berikut ini cara menghilangkan trojan di smartphone Android :
1. Anda donwload terlebih dulu aplikasi Stubborn Trojan Killer di Google Play Store atau dengan berkunjung ke link ini.
2. Setelah download selesai, Anda bisa melakukan install dan menjalankan aplikasi.
3. Langkah selanjutnya adalah Anda melakukan scan atau pemindaian virus trojan dan mengaktifkan sistem proteksi.
4. Jika smartphone terserang trojan, aplikasi akan mendeteksinya secara otomatis. Beberapa trojan yang terdeteksi antara lain Ghost Push, Roonik, dan Hummer.
5. Langkah terakhir adalah Anda melakukan pembersihan perangkat dengan opsi Kill, jika aplikasi memang mendeteksi adanya trojan.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part