Cara Menghilangkan Provisioning Status Pada Blackberry

Pada beberapa tipe blackberry yang dapat digunakan di 2 network, GSM dan CDMA, seperti 9650 (essex), 9850, 8830, 9930 dan banyak lainnya (biasanya berakhiran 30), permasalahan provisioning status yang muncul ketika awal blackberry hidup setelah restart seringkali membuat pemiliknya geleng-geleng kepala. Meski kemunculan provisioning status pada hakekatnya tidak mempengaruhi kinerja blackberry yang lancar-lancar saja ketika digunakan untuk bbm, sms, telpon dan lain sebagainya, toh tetap saja kehadirannya setiap kali restart akan mengganggu kenyamanan Anda.

Biasanya kemunculan provisioning status akan disertai dengan peringatan : “Your device could not be registered with the wireless network. Contact your wireless serviceĀ  provider”.

Tidak ada referensi khusus mengenai permasalahan ini yang dapat ditemukan di website resmi blackberry sehingga kita harus pintar “mengakalinya”. Sebagai informasi, kebanyakan masalah provisioning status terjadi pada blackberry GSM-CDMA berlogo Sprint dengan network yang digunakan adalah GSM dan bukan CDMA.

Isu Provisioning status tidaklah sama dengan permasalahan tulisan activation required yang dapat dengan mudah dihilangkan menggunakan kode spc (serial programming code), sebab hilangnya “activation required” tidak lantas diikuti dengan hilangnya “provisioning status”. Meski demikian, spc code ternyata juga akan dibutuhkan ketika kita hendak menghilangkan provisioning status.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan provisioning status pada Blackberry kesayangan Anda.

Cara pertama – Meski Anda hanya menggunakan network GSM saja pada Blackberry Anda, tak ada salahnya Anda juga menginject nomor CDMA ke bb Anda sebab dengan cara ini provisioning status akan hilang dengan sendirinya. Tentu saja, nantinya Anda tidak perlu mengurusi nomor cdma yang memang tidak hendak dipakai itu. Tujuan inject adalah anya agar provisioning status hilang saja. Untuk melakukan inject, Anda hanya perlu datang ke gallery terdekat (smartfren) dengan menyertakan kode spc bb Anda. Biayanya gratis. Cara ini adalah yang paling mudah dan cepat.

Cara kedua – Jika Anda memang ‘doyan’ oprek-oprek bb, maka Anda dapat menghilangkan provisioning status dengan cara merubah atau menghapus prl bawaan blackberry Anda. Cara teknisnya silahkan Anda telusuri sendiri di forum-forum online. Agak repot memang, tapi cara ini bisa Anda tempuh sebagai alternatif.

Cara ketiga – Lakukan wipe dan install ulang blackberry Anda dengan os yang sudah dimodifikasi. OS seperti ini sering diistilahkan dengan os hybrid yang tidak resmi dikeluarkan oleh Blackberry maupun vendornya. Untuk setiap tipe blackberry, terdapat os hybrid yang berbeda.

So, terserah Anda mau memilih cara yang mana.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part