Tips & Trik

Cara Menghapus Pesan Terkirim di WhatsApp Tanpa Batas 7 Menit

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi perpesanan instan WhatsApp? Aplikasi chat dengan warna khas hijau muda ini menjadi salah satu aplikasi messaging terbesar yang banyak dipakai oleh masyarakat dunia. Tak heran bila pengembangnya, Facebook, terus menghadirkan fitur-fitur terbaru untuk WhatsApp, salah satunya fitur “unsend”. Namun sayangnya, fitur ini hanya berlaku untuk pesan baru terkirim, paling lama 7 menit saja. Oleh karena itu, di kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara menghapus pesan terkirim di WhatsApp tanpa batas 7 menit.

Sekilas Tentang WhatsApp
WhatsApp Messenger adalah layanan olah pesan instan yang termasuk dalam cross-platform atau lintas platform instant messaging dan Voice over IP (VoIP). Aplikasi ini memungkinkan pengiriman pesan teks dan panggilan suara, serta panggilan video, gambar dan media lainnya, dokumen, dan lokasi pengguna.

Layanan ini juga menggunakan nomor seluler standar dan aplikasi berjalan dari perangkat mobile, namun bisa pula diakses dari komputer desktop. Awalnya pengguna hanya bisa berkomunikasi dengan pengguna lain secara individu atau dalam kelompok pengguna individual, namun pada bulan September 2017, WhatsApp mengumumkan platform bisnis yang akan datang sehingga memungkinkan perusahaan memberikan layanan pelanggan kepada pengguna secara skala. Semua data end-to-end pun akan dienkripsi supaya lebih aman.

Aplikasi WhatsApp awalnya diciptakan oleh WhatsApp Inc., yang berbasis di Mountain View, California, yang kemudian diakuisisi oleh Facebook pada bulan Februari 2014 dengan harga sekitar US $ 19,3 miliar. Tercatat di bulan Februari 2016, WhatsApp telah digunakan pengguna lebih dari satu miliar, menjadikannya aplikasi pesan paling populer saat itu. Pengguna WhatsApp yang terbesar berada di India, Rusia, Amerika Selatan, Afrika bagian selatan dan Inggris.

Cara Menghapus Pesan Terkirim di WhatsApp Tanpa Batas 7 Menit
Dimulai tahun 2016 lalu, WhatsApp diketahui sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menarik kembali pesan yang telah terkirim ke teman chat, baik itu pada ruang personal atau grup percakapan. Fitur bernama “deleting messages for everyone” tersebut sudah lama ditunggu-tunggu dan akhirnya rilis pada akhir Oktober 2017 lalu.

Fitur ini memudahkan Anda untuk menghapus pesan terkirim ke orang yang salah maupun saat isi pesan itu sendiri yang salah. Saat Anda menghapus pesan yang sudah dikirimkan, penerimanya tidak bisa melihat pesan tersebut, tapi ia akan di beri penjelasan yang berbunyi “pesan ini telah dihapus”, jika dalam bahasa Indonesia.

Namun satu hal yang perlu dicatat, pesan hanya dapat ditarik kembali dalam kurun waktu maksimal 7 menit setelah pesan dikirim. Fitur ini disediakan khusus untuk pengguna WhatsApp di platform iOS, Android, dan Windows Phone.

Bagaimana cara mencobanya? Anda cukup buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih pesan yang ingin Anda tarik kembali. Pesan ini bisa tunggal maupun banyak sekaligus. Pilih opsi “hapus” melalui ikon tong sampah yang tertera di jendela pesan. Namun jika Anda belum bisa menggunakan fitur ini, lebih baik Anda mengupdate WhatsApp terlebih dahulu di Apple App Store, Google Play Store, atau Windows, Store.

Lantas adakah cara menghapus pesan yang lebih lama dan tidak terikat dengan waktu 7 menit saja? Tenang. Sobat akan mengetahuinya bagaimana cara menghapus pesan WhatsApp yang sudah lama terkirim, tapi cara ini hanya bisa Anda lakukan melalui perangkat berbasis Android dan iOS. Apabila Anda menggunakan WhatsApp versi dekstop, maka Anda perlu mencoba dulu lewat smartphone.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menghapus pesan terkirim di WhatsApp tanpa batas 7 menit:
– Pertama, Anda wajib mematikan koneksi internet pada perangkat. Nonaktifkan semuanya, baik itu jaringan data ataupun WiFi. Lalu, tutup aplikasi WhatsApp dengan membuka menu Setting pada smartphone Anda.

– Setelah masuk ke Setting, scroll ke bawah hingga Anda menemukan aplikasi WhatsApp. Klik pilihan “Paksa Berhenti” untuk menghentikan proses WhatsApp pada background. Apabila muncul notifikasi pop up, klik “OK.

– Berikutnya, bukalah pilihan Tanggal dan Waktu pada pengaturan smartphone. Anda perlu mematikan pengaturan tanggal dan waktu otomatis, lalu atur ke tanggal dan waktu sebelum pesan yang Anda mau hapus dikirim ke teman chat.

– Kemudian, buka kembali aplikasi WhatsApp dan carilah pesan yang akan dihapus. Sentuh dan tahan pesan tersebut sampai muncul ikon tong sampah. Anda cukup klik ikon tersebut dan WhatsApp akan menampilkan opsi baru berisi “Hapus untuk Semua Orang”.

– Terakhir, Anda tinggal mengembalikan pengaturan seperti normal, waktu dan tanggal dan mengaktifkan jaringan internet.

– Perlu dicatat, cara ini hanya bisa berlaku untuk menghapus pesan yang terkirim 1-2 hari sebelumnya. Apabila lebih dari itu, biasanya WhatsApp akan menolak untuk dibuka dan mendeteksi adanya kesalahan tanggal dan waktu smartphone yang tidak pas.