Cara Menghapus Lock iCloud di iPhone iOS 7

Fitur kunci aktivasi (activation lock) yang terdapat pada perngkat iPhone dengan iOS 7 keatas memang cukup penting bagi pengguna untuk melindungi diri dari berbagai tindakan yang tidak diinginkan seperti pencurian perangkat dan data ketika berada di tangan yang salah. Tak hanya iPhone, fasilitas lock iCloud dan find my phone juga tersedia untuk iPad dan iPod Touch dengan iOS 7. Meski demikian, keberadaan fitur ini juga bisa menjadi bencana bagi beberapa pihak yang tidak terlalu memahaminya dengan baik.

Seperti yang kita tahu, di tanah air, berbagai macam perangkat Apple (iPhone, iPad & iPod) memiliki harga yang cukup tinggi dengan jumlah peminat yang banyak. Seorang teman atau counter atau orang yang sedang ‘hunting’ iPhone akan dengan senang hati membeli iPhone bekas (2nd) untuk digunakan sendiri atau diperjual-belikan.

cara mengatasi lock icloud

Masalahnya, jika fitur keamanan tersebut diatas belum dimatikan oleh pemilik sebelumnya maka pembeli tidak akan dapat menggunakannya sebelum bisa memasukkan password yang tepat.

Beruntung jika Anda mengenali pemilik sebelumnya. Jika tidak maka yang terjadi adalah bencana.

Berikut cara menghapus lock iCloud pada iPhone melalui perangkat :
1. Masuk ke pengaturan (settings) dan umum (general).
2. Atur ulang.
3. Hapus semua konten & pengaturan.

Jika user berada pada tempat yang jauh, penghapusan dapat dilakukan secara online dengan cara :
1. Masuk ke icloud di alamat www.icloud.com/find
2. Pilih perangkat yang ingin ‘dilepas’ kemudian klik tombol hapus (erase). Selalu ingat untuk tidak memasukkan nomor telpon & pesan apapun ketika diminta.
3. Klik ‘next’ hingga perangkat dihapus.
4. Selanjutnya pilih menu “remove from account”.

Artikel berhubungan:  Tips untuk Mengetahui Keaslian iPhone

Untuk mengecek apakah sebuah iPhone tidak lagi bertaut dengan sebuah akun iCloud, lakukan 2 langkah berikut :
1. Ketika dinyalakan, pastikan Anda tidak melihat perangkat meminta password apa pun.
2. Bisa saja nomor (1) diatas terlewati, tetapi ketika proses aktivasi dilakukan dan perangkat meminta apple id dan password, maka perangkat tersebut masih bertautan dengan akun lama.

Bagaimana jika Anda tidak dapat menemukan password?
Sedapat mungkin carilah pengguna sebelumnya atau tanyakan kepada konter yang menjual agar menghapus tautan ke akun lama. Tidak ada cara lain untuk melepas dan menghapus lock icloud kecuali oleh pengguna sebelumnya. Jika pengguna sebelumnya hanya lupa dengan kata sandi, ia dapat dengan mudah melakukan recovery password.

Semoga mencerahkan!