iPhone

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan iPhone

iPhone memiliki beberapa aplikasi bawaan seperti Aplikasi Compass, Stocks, Podcasts, dan lain-lain yang konon katanya tidak dapat dihapus karena terpasang secara default pada iPhone. Desas-desus kabar bahwa beberapa aplikasi bawaan tersebut dapat pengguna iPhone hapus sudah beredar sejak lama, namun belum ada yang terealisasi. Tapi kali ini, kabar baiknya, kami berhasil mendapati cara ampuh bagi Anda pengguna iPhone yang mau menghapus beberapa aplikasi bawaan iPhone yang Anda rasa tidak penting.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan iPhone

Kali ini kami berikan dua cara untuk menghapus aplikasi bawaan pada iPhone, secara permanen dan juga yang hanya untuk sementara.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan iPhone secara permanen
1. Pertama, Anda harus mendaftar di iOS beta programme agar Anda dapat mengunduh iOS 9.3 versi beta untuk publik. Tapi sebelumnya, pastikan dulu Anda sudah memback up data Anda.
2. Setelah daftar, masuk ke Setting, lalu pilih General, kemudian Software Update untuk mengunduh iOS 9.3 beta.
3. Setelah itu, unduhlah Apple Configurator 2.2 beta. Untuk tahap ini Anda perlu membayar biaya keanggotaan sebesar 120 USD atau 156 ribu Rupiah.
4. Dari situ, Anda dapat langsung menyetel pengaturan, memilih pilihan “Do not allow some apps”. Kemudian Anda cukup menuliskan perintah untuk menghapus aplikasi yang ingin Anda hapus. Contohnya seperti ‘com.apple.stocks’ untuk aplikasi Stocks, atau ‘com.apple.podcasts’ untuk aplikasi Podcasts.

Setelah itu, aplikasi tersebut akan terhapus dari iPhone Anda.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan iPhone Untuk Sementara
1. Pertama, pindahkan aplikasi yang akan dihapus ke dalam sebuah folder. Perlu diketahui, tahap-tahap ini hanya bisa dilakukan pada iOS versi 9.
2. Tekan dan tahan sehingga aplikasi bergoyang seperti pada saat akan dipindah atau dihapus.
3. Seret aplikasi tersebut sampai pada posisi pinggir folder sampai pindah halaman. Pada tahap satu ini, pertahankan kondisi tersebut di halaman itu.
4. Masih dalam posisi menahan aplikasi itu, tekan tombol home. Saat itu juga, aplikasi akan hilang ke batas layar.

Namun, cara ini hanya untuk menghapusnya sementara saja. Saat Anda melakukan restart, aplikasi yang dihapus sementara tersebut akan muncul kembali.

Selamat mencoba!