Cara Menggunakan WiFi Range Extender dengan Mudah

Di kota-kota besar, seringkali ditemukan WiFi gratis yang tidak memiliki sandi, sehingga apabila dihubungkan maka akan langsung terkoneksi internet yang dapat dimanfaatkan untuk bermain game online, browsing atau download file. Bukan hanya di perkotaan, saat ini banyak juga desa-desa yang memiliki sinyal WiFi diperumahan warga. Namun terkadang permasalahannya adalah signal yang di dapat terkadang tidak mencukupi untuk menjangkau jarak yang jauh. Anda tak perlu khawatir karena saat ini telah tersedia WiFi Range Extender yang berguna untuk menambah sinyal WiFi lebih kuat.

Cara Menggunakan WiFi Range Extender dengan Mudah

WiFi Range Extender mempunyai fungsi yang sangat bermanfaat untuk menambah jarak sinyal dari Wifi yang sudah di dapat atau di atur, sehingga kegunaannya hanya untuk satu WiFi saja. Dengan adanya alat ini, Anda tak perlu lagi menerapkan ponsel sebagai Repeater. Banyak macam-macam WiFi Range Extender yang terjual bebas di pasaran seperti TP-Link, D-Link, dan Linksys. TP-Link dan D-Link sering digunakan oleh kebanyakan orang dengan kualitas standar dan harganya pun cukup terjangkau, sedangkan untuk Lynksys merupakan merk berkualitas tinggi dan harganya jauh lebih mahal. Adapun contoh-contoh tipe dari ketiga merk di atas adalah:
· TP-Link Wireless Access Point TL-WA701ND
· TP-Link Wireless Access Point TL-WA830RE
· TP-Link Wireless Router TL-WR740N
· TP-Link Wireless Access Point TL- WA864RE
· TP-Link Wireless Access Point TL- WA850RE
· D-Link Wireless Router DIR-615 D1
· D-Link Wireless Router DIR-605L
· Linksys Wireless Router E1200
· Linksys RE1000 (Repeater)

Artikel menarik:  Cara Registrasi Ulang SIM Card Seluruh Provider

Meskipun banyak sekali macam-macam dari WiFi Range Extender, namun penggunaan dan pengaturannya hampir mirip satu sama lain. Untuk tipe Access Point, Anda dapat menghubungan router melalui wireless sedangkan untuk Router sebagau alat penguat sinyal, maka Anda harus memakai kabel tambahan untuk menghubungan kedua router sekaligus.

Untuk cara menghubungan WiFi Router dengan alat WiFi Range Extender memiliki dua cara yaitu dengan menggunakan kabel LAN atau menggunakan Access Point dan menghubungkannya secara wireless. Namun cara yang paling bagus adalah menggunakan kabel LAN supaya performa jaringan Anda tetap terjaga stabil dibandingkan menghubungkan secara wireless. Adapun langkah-langkah menggunakan kabel LAN adalah:
· Pastikan WiFi Router sudah tersetting dan sudah terkoneksi dengan internet
· Pasang kabel LAN
· Pasang ujung kabel ke WiFi Router pada port LAN yang biasanya warna abu-abu
· Pasang ujung kabel satunya ke alat WiFi Range Extender pada port modem/WAN yang biasanya warna kuning
· Setting pada WiFi Range Extender, beri IP Address dan pastikan gateway dari alat tersebut mengarah pada IP Address router agar Extender juga terkoneksi dengan internet.
· Selesai