Cara Menggunakan NFC dengan Benar

Bagi Sobat yang sering melakukan aktivitas transfer antar perangkat elektronik, pasti sudah tidak asing lagi dengan NFC. Teknologi ini memang sudah menjadi fitur pada perangkat smartphone kelas atas yang berfungsi sebagai media berbagi data dan file sharing seperti video, foto, aplikasi Android, atau musik. Namun tidak semua orang tahu bagaimana cara menggunakan NFC dengan benar sehingga fitur ini sering diabaikan oleh pengguna gadget.

Mengenal Lebih Jauh NFC
Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan NFC, alangkah baiknya jika kita mengenal lebih jauh tentang NFC tersebut. NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, dimana fitur ini ialah suatu teknologi modern yang berkaitan erat dengan perpindahan data dengan basis RFID (Radio Frequency Identification).

Kinerja NFC berjalan dengan menggunakan konektivitas tanpa kabel sehingga akan mempermudah penggunanya untuk melakukan perpindahan data lebih cepat. Namun saat melakukan perpindahan data antar perangkat elektronik dilakukan dalam jarak dekat karena memanfaatkan perantara induksi medan magnet di dalam perangkat elektronik tersebut.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa NFC ialah sebuah teknologi yang membuat perangkat gadget dapat terhubung dengan perangkat lainnya melalui jaringan radio. Biasanya pada perangkat pintar seperti smartphone, fitur NFC sering digunakan sebagai media untuk saling berbagi data dan file sharing lainnya.

Masih berhubungan dengan pengertian NFC, di beberapa brand smartphone, ternyata disadari atau tidak bahwa fitur tersebut dapat diketahui dari tanda yang terdapat pada bodi smartphone. Misalnya, pada smartphone bermerk Sony yang menampilkan tanda huruf kapital N pada casing belakangnya. Huruf N ini ialah NFC.

Contoh lainnya terdapat pada Samsung Galaxy Note 4 yang dirilis beberapa tahun lalu, fitur NFC bisa dilihat pada baterainya yang terdapat tulisan Near Field Communication. Tapi, jika Anda tidak bisa menemukan tanda-tanda yang terlihat, Anda juga bisa mengeceknya langsung di pengaturan > Wireless & Networks > klik pilihan More. Sementara itu, rata-rata smartphone kelas atas sudah mengusung fitur NFC ini.

Selain itu, NFC memiliki keunggulan lain yang terbilang cukup canggih. Salah satunya adalah Anda bisa melakukan transaksi apapun dengan mudah secara aman dan nyaman saat dioperasikan oleh pengguna. Kemudian, NFC juga dapat digunakan sebagai altenatif pembayaran instan, pembelian barang, pembelian tiket, sampai menjadi dompet digital, selain kartu kredit. Dengan banyak keunggulan NFC, Anda pasti semakin penasaran bukan bagaimana cara menggunakannya? Oleh karena itu, mari kita bahas bagaimana cara penggunaan NFC yang benar di bawah ini:

Cara Menggunakan NFC dengan Benar
Setelah Sobat memahami pengertian dan fungsi dari NFC, maka langkah selanjutnya Anda akan mengetahui cara menggunakan teknologi canggih ini. berhubungan dengan penggunaan fitur ini, tampaknya Anda perlu melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu di setiap smartphone, apakah perangkat harus tidak dalam keadaan terkunci atau sleep mode. Untuk lebih jelasnya, mari simak langkah-langkah di bawah ini:

Artikel menarik:  Apa itu NIC?

1. Pertama, untuk menggunakan NFC ini, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah fitur NFC sudah aktif pada smartphone yang dimiliki maupun pada smartphone si penerima. Jika belum aktif, maka Anda bisa mengaktifkannya pada menu Settings > Wireless & Networks > lalu klik pilihan More. Setelah itu akan muncul fitur NFC yang akan Anda centang untuk mengaktifkannya.

2. Apabila NFC sudah aktif, maka pilihlah data atau file manapun yang akan dikirimkan. Data yang dikirimkan bisa berupa video, gambar, maps, website, dan sebagainya.

3. Kemudian, dekatkan antara smartphone Anda dengan smartphone penerima, sebisa mungkin jangan lebih dari 10 cm.

4. Jangan pisahkan antar dua smartphone tersebut sebelum muncul pilihan pada layar yang bertuliskan “Touch to Beam”. Jika sudah muncul, maka sentuhlah file untuk mulai memproses pengiriman data.

5. Tunggulah sebentar sampai proses transfer selesai. Biasanya akan muncul tampilan notifikasi pada smartphone penerima apabila file sudah ditransfer.

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan NFC dari langkah-langkah di atas, pastinya Anda akan setuju bila penggunaan NFC cukup mudah dan tidak terlalu rumit. Bahkan bisa dikatakan lebih cepat apabila dibandingkan dengan transfer data via Bluetooth. Namun satu hal yang perlu diperhatikan ialah Anda perlu menjaga jarak antara smartphone pengirim dan smartphone penerima dengan jarak tidak lebih dari 10 cm. Hal tersebut dilakukan supaya proses transfer bisa lebih optimal.

Berbeda dengan infrared, media berbagi data yang cukup populer saat Bluetooth belum muncul ke industri smartphone, NFC dapat mengirim data dengan dua ponsel yang didekatkan bukan ditempel persis seperti infrared dulu. Apalagi jika Anda melihat dari fungsinya yang sama dengan Bluetooth, NFC lebih dikenal aman dan cepat sehingga tidak salah jika Sobat ingin menggunakan NFC sebagai media untuk mentransfer data.

Demikian penjelasan kami kali ini mengenai cara menggunakan NFC pada smartphone dengan benar dan tepat. Kami berharap informasi ini bisa bermanfaat bagi Sobat Gaptex sekalian.