Blogging

Cara Menggunakan More Tag Pada WordPress

Apakah Anda ingin menampilkan ringkasan artikel Anda di homepage dengan menampilkannya bersama dengan link untuk membaca lebih lanjut (read more link)? WordPress hadir dengan dua fitur built-in yang memungkinkan Anda untuk melakukan hal tersebut. Salah satu metode yakni dengan menggunakan More Tag. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara untuk menggunakan More Tag pada WordPress.

Cara Menggunakan More Tag Pada WordPress

Menambahkan More Tag pada WordPress
Menambahkan More Tag pada post-post Anda tidaklah sulit. Pertama, buat sebuah post baru atau edit salah satu post lama Anda. Begitu Anda selesai menulis, Anda perlu meletakkan kursor pada baris dimana Anda ingin mengakhiri ringkasan dan menampilkan read more link. Lalu, cukup klik tombol More Tag yang tersedia di toolbar.

Cara Menggunakan More Tag Pada WordPress 1

Anda kemudian akan dapat melihat sebuah garis putus-putus, dengan tulisan ‘More’ di tengah-tengahnya, muncul pada baris tersebut. Anda dapat meletakkan More Tag dimana saja dalam post Anda, seperti di tengah kalimat, di tengah paragraf, ataupun setelah di akhir paragraf pertama. Tulisan yang akan tampil sebagai ringkasan di homepage ialah tulisan yang muncul sebelum More Tag.

Apabila Anda menggunakan text editor, maka Anda dapat menggunakan tombol ‘More’ pada toolbar untuk memasukkan More Tag. Anda juga dapat memasukkannya secara manual dengan menuliskan <!–more–>.

Keuntungan Menggunakan More Tag Dibandingkan Excerpt
Seperti yang tadi dikatakan, WordPress hadir dengan dua fitur built-in untuk menampilkan ringkasan beserta read more link. Jika fitur pertama adalah More Tag, maka fitur kedua adalah Excerpt, sesuatu yang sudah pernah kita bahas dalam artikel yang lalu.

Meski Excerpt tampak seperti opsi yang lebih mudah dilakukan dan diaplikasikan, ada dua kelemahan dalam menggunakan Excerpt. Pertama, Excerpt sangat bergantung pada tema. Jika tema yang Anda gunakan tidak memakai tag _excerpt, maka tak peduli apa yang Anda tuliskan di kotak Excerpt, tema Anda tetap akan menampilkan keseluruhan isi konten post Anda di homepage dan di arsip. Kedua, Excerpt tidak bisa menampilkan gambar serta format tulisan. Excerpt hanya ditampilkan sebagai teks biasa.

Sementara, More Tag seratus persen terpisah dari tema sehingga ia akan bekerja sebagaimana mestinya dalam berbagai tema WordPress. Kedua, More Tag akan menampilkan kilasan isi post beserta gambar dan format tulisan asli.

Kelemahan Menggunakan More Tag
Kelemahan terbesar dari penggunaan More Tag ialah Anda harus memasukkannya secara manual dalam setiap post Anda, sedangkan menampilkan Excerpt bisa dilakukan secara otomatis. Ya, WordPress memang memungkinkan kita untuk memasukkan sendiri kutipan isi konten ke dalam kotak Excerpt, tetapi WordPress juga dapat membuat secara otomatis kutipan isi konten berdasarkan jumlah karakter dalam post.

Kelemahan lain, jika Anda menggunakan tema yang memakai Excerpt, maka tema Anda akan secara otomatis menghilangkan More Tag yang telah Anda buat, dan justru menampilkan Excerpt dengan panjang yang telah diatur oleh tema itu sendiri.

Tak peduli Anda menggunakan More Tag atau Excerpt, amat penting untuk menampilkan ulasan / kilasan / kutipan / ringkasan isi post, alih-alih menampilkannya secara keseluruhan di homepage dan arsip. Membiarkan setiap post tampil utuh di homepage akan membuat homepage menjadi ekstra panjang dan menyebalkan. Pengunjung akan kesulitan untuk meng-scroll dan melihat-lihat isi situs web Anda.

Semoga bermanfaat!