Cara Menggunakan Google Text to Speech

Sobat Gaptex mungkin pernah berimajinasi sewaktu kecil mengenai sebuah perangkat canggih yang dapat di ajak berbicara. Imajinasi semacam itu sudah terwujud di zaman teknologi yang serba canggih ini melalui teknologi Text to Speech. Pada awalnya, teknologi tersebut hanya diperuntukkan kepada para tunanetra supaya dapat menjalankan komputer dengan mudah. Namun kini, hal serupa sudah tersedia diperangkat yang berbasis platform Android sehingga penggunanya dapat ‘membaca’ buku tanpa perlu melihat tulisannya langsung.

Cara Menggunakan Google Text to Speech

Percakapan suara Google Text to Speech ini telah diperkenalkan sejak Android 4.2.2 Jelly Bean rilis dan menariknya, suara yang dihasilkan tidak seperti robot. Kemudian pihak Google kembali melakukan update atau pembaruan untuk teknologi canggihnya ini yakni dengan meluncurkan 2 suara digital High Quality sebagai pembantu perangkat Android yang dapat Anda gunakan layaknya sedang mengobrol dengan teman. Adapun cara untuk dapat memulai Text to Speech ialah sebagai berikut:

· Masuk ke menu Setting/Pengaturan pada perangkat Android Anda untuk mengaktifkan fungsi Text to Speech.

· Masuk ke Language & Input Panel apabila perangkat mobile Anda yang berbasis Android 4.2.2 atau lebih, kemudian pilih Text to Speech output pada bagian bawah.

· Klik Preferred Engine sebagai pengatur bahasa perangkat Android. Dalam tampilan ini, Anda dapat memasang paket bahasa lainnya atau bahkan memberi izin kepada Google untuk bisa atau tidaknya melakukan update Text to Speech menggunakan data seluler kartu Anda.

Artikel berhubungan:  25 Password Paling Umum Digunakan di Seluruh Dunia

· Pada bagian layar, Anda dapat memilih level tempat suara Text to Speech digital berbicara dan pemasangan data suara tambahan, seperti suara High Quality Google.

· Gunakanlah API supaya pembaca aplikasi dan pihak ketiga ebook dapat berkerja sama dengan Google Text to Speech.
· Pada menu pengaturan, Anda dapat mengaktifkan Read Aloud sebagai fitur pendikte cerita.

· Sebagian besar ebook yang bekerja dengan menggunakan fitur Read Aloud, akan membacakan novel teks yang dipilih dengan cara memformat.

· Google Translate juga dapat mengucapkan kata dalam bahasa asing, apabila Anda sedang berlibur ke luar negeri.

· Aktifkan fitur Talkback dari panel Aksesibilitas di menu pengaturan ponsel Android Anda untuk dapat berbicara dengan Google Text to Speech setiap waktu yang di inginkan.