Cara Menggunakan Google Classroom

Jika Anda salah satu peminat dari pembelajaran berbasis teknologi, pasti Anda mengenal apa itu LMS atau Learning Managemen System. Banyak sekali jenis LMS yang dapat kita temui bertebaran di internet dan salah satunya adalah Google Classroom. Bila pada kesempatan sebelumnya, Sobat Gaptex telah mengetahui apa itu pengertian dari Google Classroom, maka kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan Google Classroom tersebut.

Cara Menggunakan Google Classroom

Perusahaan internet terbesar di dunia itu kini memiliki aplikasi yang mampu mendukung pengelolaan kelas secara online. Google menamakannya dengan Google Classroom. Aplikasi ini dapat di akses secara gratis dan dan dapat dimanfaatkan oleh para developer e-Learning profesional atau online educators yang telah memiliki akun Google Apps for Education. Sistem ini diklaim dapat mendukung gerakan kampanye pengurangan pemanfaatan kertas dalam bidang pendidikan. Aplikasi Google Classroom sangat cocok untuk para guru maupun dosen yang ingin memusatkan bahan-bahan pembelajaran mereka di suatu tempat berbasis Cloud Storage.

Cara kerja dari Google Classroom memiliki banyak manfaat positif antara lain:
· Penyiapannya mudah. Pengajar bisa menambahkan siswa secara langsung atau berbagi kode dengan kelasnya untuk bergabung.
· Hemat waktu. Alur kerja tugas tanpa kertas yang mudah, memungkinkan pengajar untuk membuat, memeriksa atau menilai tugas dengan cepat.
· Meningkatkan keteraturan atau disiplin. Siswa bisa melihat semua tugasnya di laman tugas dan semua materi kelas akan disimpan secara otomatis ke dalam folder di Google Drive.
· Meningkatkan komunikasi. Pengajar dapat mengirim pengumuman dan memulai diskusi secara langsung dan siswa dapat saling berbagi sumber atau menjawab pertanyaan.
· Terjangkau dan aman. Kelas tidak mengandung iklan dan tidak pernah menggunakan konten pengajar atau data siswa untuk tujuan iklan. Semuanya gratis untuk kegiatan sekolah.

Artikel berhubungan:  Cara Mengatasi Error MSVCP120.dll Emulator PPSSPP [FULL]

Anda dapat mengakses Google Classroom dengan memakai internet dikomputer atau ponsel dengan browser apapun seperti Chrome, Firefox, Internet Explorer atau Safari. Atau Anda juga bisa mendownload dengan mudah dan simpel dari aplikasi “Kelas Google” diperangkat smartphone Android maupun iOS. Berikuti ini beberapa cara dalam menggunakan Google Classroom sebagai salah satu Sistem Manajemen Pembelajaran:
· Pengajar dapat memberikan dokumen kepada siswa secara langsung dan juga mendistribusikan file ke pengembang konten online lainnya.
· Pengajar dapat berbagi link-link sumber daya online lainnya seperti artikel, video dan situs-situs.
· Data dapat dikumpulkan dari siswa secara online supaya mudah untuk menerima feedback pelajar dan informasi pribadi yang mampu meningkatkan pengalaman e-Learning secara keseluruhan.
· Pengajar dapat memberikan umpan balik kepada rekan-rekan sesama pengahar dengan mengomentari tugas dan dapat bekerja sama untuk membuat tugas lainnya.