Seputar Tekno

Cara Mengetahui & Mengatasi Pengguna Netcut

Bila pada kesempatan sebelumnya, Anda sudah mengetahui pengertian dari Netcut, kali ini kami akan membahas bagaimana caranya mengetahui dan mengatasi pengguna Netcut yang tiba-tiba memutuskan koneksi internet secara seenaknya. Apalagi saat kita sedang berselancar ria di sosial media atau menonton live streaming acara favorit lalu spontan saja internet terputus, membuat rasa jengkel dan kesal pun tidak terelakkan. Bila sudah begitu, Anda pasti segera ingin mengetahui siapa pengguna yang jahil itu dan bagaimana cara mengetasinya. Untuk itu, mari kita simak penjelasannya.

Cara Mengetahui & Mengatasi Pengguna Netcut

Secara singkat Netcut bekerja pada ARP spoofing atau Address Resolution Protocol. Sistem kerja dari Netcut adalah memutuskan koneksi jaringan internet para pengguna yang sedang berada dijangkauan area WiFi atau LAN. Dan akhir-akhir ini, tool ARP Poisoning bernama Netcut tersebut makin banyak saja digunakan oleh rakyat Indonesia. Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara mendeteksi pengguna Netcut dan mengatasinya dengan cara melacak keberadaannya dalam jaringan sehingga Anda bisa menyerang balik koneksinya.

Sebenarnya untuk mengetahui adanya pengguna Netcut dalam jaringan yang sedang Anda pakai tidaklah susah. Ada dua hal yang diperlukan komputer Anda untuk berkomunikasi yakni IP Address dan MAC Address. Pada situasi normal, jika Anda sedang berinternet, paket data yang akan dikirimkan berisi IP Address Router dan MAC Address Router. Kemudian, yang dilakukan oleh pengguna Netcut untuk mengganggu dan memotong komunikasi koneksi internet Anda adalah dengan mengirimkan informasi palsu yang menyatakan bahwa IP Address Router adalah MAC Address si pelaku Netcut.

Serangan tersebut bisa dikatakan sebagai ARP Poisoning atau meracuni proses ARP. Serangan ini sangat sederhana tapi tetap efektif sebab pada dasarnya komputer adalah perangkat yang hanya menuruti perintah dari penggunanya. Lantas, komputer Anda pun akan mengubah MAC Address router menjadi MAC Address yang ada pada komputer pengguna Netcut. Akibatnya, Anda jadi tidak bisa browsinh lagi ke internet dan pengguna Netcut pun tertawa jahil karena rencananya berhasil.

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

Bagaimana caranya untuk mengatasi pengguna Netcut itu? Netcut memiliki fitur proteksi dimana komputer yang menjalankan prosesnya akan langsung memblokir paket-paket ARP agar tidak bisa diserang balik. Tetapi, ada cara lain yang bisa Anda pakai antara lain:

· Lakukan ARP poisoning bukan ke komputer pengguna Netcut, tetapi langsung ke router. Kirim paket ARP palsu ke router dan tulis IP address-nya adalah MAC address komputer Anda. Dengan cara ini, data dari router akan di alihkan ke komputer Anda, maka Anda juga bisa melihat apa saja yang sedang dikerjakan oleh komputer pengguna Netcut.

· Biasanya MAC address ada di layer 2, jika layer 2 di proteksi, Anda bisa menyerang di layer 3, set IP address secondary Anda menjadi IP yang sama dengan pengguna Netcut, kirim “ping” secara non-stop sehingga network akan mendeteksi duplicate IP address terus menerus.

· Jika Anda kebetulan adalah admin dari jaringan internet tersebut, tinggal hancurkan saja layer 1 nya dan lacak pengguna Netcut yang terhubung melalui Port bagian mana, setelah itu Anda bisa langsung men-shut down koneksinya.