Cara Mengembalikan Pesan Terhapus di WhatsApp

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberitahukan mengenai cara mengembalikan pesan terhapus di WhatsApp. WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang paling populer saat ini, terlebih lagi setelah berhasil diakuisisi Facebook pada tahun 2014 lalu. Hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi WhatsApp sebagai aplikasi chatting utama mereka sehingga tak jarang, aplikasi perpesanan ini masih saja banyak penggemarnya hingga saat ini.

Di situs ini, Anda telah banyak membaca berbagai artikel yang berkaitan tentang WhatsApp, salah satunya ialah cara sign out WhatsApp di Android. Namun, mungkin Anda belum menemukan artikel mengenai cara mengembalikan pesan yang sudah terhapus di aplikasi dengan warna khas hijau itu. Karena itulah, kami akan mengulasnya secara lengkap yang bisa Anda baca di bawah ini:

1. Cadangkan Data WhatsApp
Langkah awal ialah Anda harus memastikan jika pencadangan secara otomatis sudah aktif. Cadangan lokal akan secara otomatis dilakukan setiap hari pada pukul 02.00 dan database Anda akan disimpan pada sebuah file di memori telepon. Sementara itu, Anda juga dapat mencadangkan pesan melalui Google Drive.

2. Cadangkan ke Google Drive
Anda bisa mencadangkan pesan dan berbagai media seperti video, gambar, maupun suara ke Google Drive. Oleh karena itulah, Anda bisa memanfaatkan layanan dari Google tersebut. Jadi, jika Anda kehilangan smartphone atau mengganti perangkat baru, maka riwayat chatting tetap aman. Caranya ialah:
· Buka WhatsApp
· Lalu, pilih icon Menu > Setelan > Chatting dan panggilan > Cadangan Chat
· Setelah itu, klik Cadangkan ke Google Drive, dan pilihlah frekuensi cadangan yang Anda inginkan. Atau cukup klik pada ‘Cadangkan’ untuk segera melakukan pencadangan
· Anda pun akan diminta untuk memilih akun Google untuk mencadangkan riwayat chatting di WhatsApp
· Pilih ‘Cadangkan’ untuk memilih jaringan yang Anda gunakan untuk melakukan pencadangan

Artikel menarik:  5 Tips Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

3. Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp Lama di Memori Telepon
Apabila Google Drive hanya akan menyimpan cadangan terbaru, WhatsApp akan menyimpan cadangan di memori telepon pada 7 hari terakhir. Caranya ialah:
· Buka aplikasi ‘Manajer File’
· Pilih ke sdcard/ WhatsApp/Databases
· Kalau data tak disimpan di kartu SD, mungkin terletak di memori internal
· Beri nama ulang file cadangan yang akan dipulihkan
· Lalu hapus aplikasi WhatsApp dan pasang kembali
· Pulihkan data jika diminta.

Dengan cara di atas, semua pesan beserta media WhatsApp akan aman, walaupun Anda kehilangan smartphone atau mengganti perangkat. Semoga Bermanfaat!