Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Apakah Anda pernah kehilangan data di smartphone Android? Hal ini cukup menjengkelkan, apalagi jika data tersebut penting dan hilang data terjadi karena persoalan sepele seperti tidak sengaja terhapus. Berbeda dengan sistem operasi Windows yang punya Recycle Bin, sistem operasi Android tidak memilikinya. Namun demikian, Anda sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir karena data digital bisa dikembalikan lagi, misalnya dengan menggunakan aplikasi.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di Android :

1. Mengembalikan Foto Terhapus di Google Photos
Jika termasuk pengguna yang cukup sering beraktivitas dengan Google Photos, ada cara mudah untuk mengembalikan foto yang terhapus. Pada menu yang tersedia di Google Photos, Anda cukup memilih opsi Bin, lalu memilih gambar yang ingin dikembalikan dengan melakukan tap selama beberapa detik di gambar tersebut. Selanjutnya, pilih opsi Restore untuk mengembalikan gambar. Google sendiri tidak langsung menghapus gambar yang dihapus atau terhapus, tetapi menyimpannya sementara waktu di kotak Bin selama 60 hari sebelum terhapus otomatis.

2. Mengembalikan File Terhapus di Google Drive
Cara mengembalikan file yang terhapus di Google Drive tidak jauh berbeda dengan Google Photos. Anda masuk terlebih dahulu ke aplikasi, lalu memilih opsi Bin pada tampilan menu. Anda selanjutnya memilih file, melakukan tap beberapa detik, dan memilih opsi Restore untuk mengembalikan file. File terhapus di Google Drive juga tersimpan sementara, namun tidak disebutkan lebih rinci mengenai waktunya.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Jika data yang terhapus berada di smartphone, Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan file. Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi khusus untuk mengembalikan file terhapus yang bisa diperoleh di Google Play Store, seperti Disk Digger, Dumpstore, GT Recovery, dan lain-lain. Anda cukup mengunduhnya di Google Play Store, namun sebagai catatan, jika file terhapus berbentuk video, Anda harus melakukan root pada smartphone terlebih dahulu.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga dari Komputer
Apabila aplikasi pihak ketiga belum cukup berhasil, Anda bisa mencoba untuk menghubungkan smartphone ke komputer atau laptop. Sama seperti cara sebelumnya, komputer atau laptop harus memiliki aplikasi pihak ketiga juga. Setelah masing-masing perangkat terhubung, Anda memilih tipe file yang ingin dicari. Anda selanjutnya pilih file tersebut dan memilih opsi Recovery untuk mengembalikan file. Sebagai catatan pula, file yang terdapat di memori internal lebih besar kemungkinannya untuk bisa dikembalikan daripada file yang terletak di memori eksternal.

Artikel berhubungan:  Ini Dia Kelebihan Android Lollipop 5.1

5. Mengembalikan Data Games
Terasa tidak kalah menyebalkan ketika games yang sudah dimainkan cukup lama, tiba-tiba hilang alias terhapus. Dengan sistem terbaru yang dimiliki Google, Anda kini bisa mengembalikan games tersebut. Sebab jika Anda masuk dengan akun Google pada games tersebut, secara otomatis data permainan akan tersimpan di Google Play Games. Walaupun games sudah hilang, saat Anda melakukan login ulang dengan akun Google yang sama, data permainan masih akan muncul. Namun perlu diingat, cara ini berhasil ketika Anda memang mengaktifkan fitur masuk di Google Play Games.

6. Mengembalikan E-mail Terhapus
Sebagaimana cara pada Google Photos dan Google Drive sebelumnya, selama masih menggunakan layanan Google, secara otomatis file yang terhapus akan tersimpan dulu di kotak Bin. Untuk mengembalikan e-mail terhapus, Anda juga bisa mengeceknya di kotak Bin untuk kemudian mengembalikannya. Fitur ini bisa dinikmati oleh pengguna layanan Gmail, namun aplikasi Outlook for Android pun menawarkan fitur serupa.

7. Mengembalikan Kontak Terhapus
Sebagai layanan teknologi yang terintegrasi, jika Anda menggunakan Google untuk mengelola daftar kontak, maka ketika ada kontak yang terhapus, tidak akan terlalu sulit untuk mengembalikannya. Anda cukup mengakses Google Contacts via situs web, lalu memasukkan akun Google yang digunakan untuk menyimpan daftar kontak. Anda kemudian memilih opsi Restore Contacts sehingga seluruh kontak secara otomatis akan kembali ke daftar terbaru. Anda perlu mengatur agar semua kontak tidak hidden file.

Selain ketujuh langkah di atas, Anda bisa melakukan langkah pencegahan supaya jika suatu waktu file terhapus, Anda tidak perlu susah-susah lagi melakukan cara-cara di atas. Anda bisa mengatur backup data secara otomatis, apalagi perangkat Android sangat memungkinkan hal ini dapat dilakukan. Caranya adalah masuk ke menu Settings, lalu memilih opsi Backup and Reset, dan secara otomatis smartphone akan melakukan backup secara berkala.

Semoga bermanfaat!