Cara Mengecek Carrier iPhone SU (Software Unlock) Gratis

Berurusan dengan iPhone SU (software unlock) yang harganya ‘miring’ itu memang ngeri-ngeri sedap. Karena harga yang lebih murah itulah, ada aturan-aturan main yang harus diikuti agar iPhone dapat digunakan dengan lancar menggunakan operator (carrier) lokal Indonesia. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan iPhone SU antara lain versi ios tidak boleh diubah jika diunlock ‘ecek-ecek’ menggunakan tools macam ultrasn0w dan teman-temannya; atau iPhone tidak boleh restart jika menggunakan sim ‘ecek-ecek’ seperti Gevey dan sejenisnya.

Solusi satu-satunya bagi iPhone SU agar dapat diunlock secara permanen adalah melakukan unlock carrier menjadi FU (Factory Unlock), sebab jika iPhone sudah menjadi FU, maka semua aturan seperti yang disebutkan diatas tak lagi berlaku. iPhone dapat digunakan sebebas-bebasnya seperti iPhone FU yang lain. Meski demikian, ternyata tak semua “jenis” iPhone SU dapat diunlock secara permanen menjadi FU. Jenis yang dimaksudkan ini adalah yang berhubungan dengan carrier iPhone yang akan diunlock.

Masalah lalu muncul, sebab nyatanya tak semua orang yang memiliki iPhone SU mengetahui secara pasti carrier iPhone miliknya. Nah, pada posting ini kita akan mempelajari cara mengecek carrier iPhone SU milik Anda secara gratis.

Sebelum itu, perlu dijelaskan terlebih dahulu tentang terminologi ‘carrier’ sekiranya Anda juga belum tahu artinya. Pada dasarnya, carrier adalah operator atau provider atau apa pun kita menamakannya yang mengacu kepada perusahaan penyelenggara layanan telekomunikasi selular macam telkomsel atau xl. Atau jika itu carrier luar negri misalnya at&t, o2, t-mobile, verizon dan banyak lagi yang lain.

Mengetahui carrier sebuah iPhone SU sangatlah penting. Fungsinya adalah untuk mengetahui apakah sebuah iPhone SU dapat dijadikan FU dan berapa tarif unlock permanennya. Masing-masing carrier memiliki tarif unlock yang berbeda-beda, lama pengerjaan yang juga berbeda. Sebagai contoh, carrier yang paling mudah dan murah untuk diunlock FU adalah at&t dan hampir seluruh carrier dari Australia. Sementara itu carrier yang berasal dari Canada rata-rata mahal dan lama untuk diunlock dan carrier Jepang sama sekali tidak bisa diunlock.

Artikel berhubungan:  [Tutorial] Cara Transfer Pulsa XL

Jika sudah berurusan dengan unlock iPhone SU menjadi FU, carrier merupakan satu-satunya patokan dan informasi yang mutlak diketahui. Sebab, versi ios (4, 5, 6), tipe (3, 3gs, 4, 4s, 5) dan baseband tak lagi penting untuk diperhatikan jika iPhone Anda ingin diunlock permanen.

Untuk mengecek carrier iPhone ada banyak cara yang bisa digunakan. Yang paling akurat dan detail tentu saja dengan melakukan cek imei secara komperhensif yang berbayar. Tapi, jika Anda perlu melakukan cek gratis untuk megetahui iPhone Anda, Anda dapat melakukan cek di website berikut :

iPhonefrom.com

cara mengecek carrier iphone

Masukkan model iPhone Anda pada kolom yang disediakan. Model dapat dilihat pada menu setting about iPhone Anda.

Catatan iPhonefrom :
1. Pada hasil pengecekan, simbol gembok tertututp menandakan iPhone lock (SU), sementara gembok terbuka berarti FU. Status ini masih akan sama dan tak bisa menjadi patokan meski sebuah iphone sudah diunlock sebab model sebuah iPhone sudah berubah.
2. Pada hasi pengecekan, biasanya muncul beberapa carrier yang memiliki model yang sama. Carrier iPhone Anda adalah satu diantara yang tercantum.
3. Jika iPhone Anda terlock (posisi minta aktivasi), maka Anda tidak dapat mengeceknya melalui iPhonefrom kecuali Anda mengetahui modelnya
4. Solusi untuk masalah 1, 2 dan 3 diatas adalah melakukan pengecekan imei secara berbayar.

Berikut beberapa model iPhone SU yang dominan dan banyak di Indonesia (huruf terakhir) :
LL : USA
C : Canada
J : Jepang
B : UK & Ireland
X : Australia
KH : Korea

Jika artikel ini bermanfaat Anda bisa klik like atau share atau like facebook fanpage situs ini!