Cara Mengatur Format Penomoran di MS Word Untuk Skripsi & Buku

Penomoran halaman adalah sesuatu yang mutlak dilakukan untuk sebuah karya tulis, terlebih makalah, skripsi maupun buku. Dengan memberikan nomor, maka penulis atau penyusun sebuah karya text dapat memberikan halaman daftar isi sehingga memudahkan pencarian.

Pada perjalanannya, terdapat dua format penulisan nomor halaman yang berbeda antara bagian awal naskah yang terdiri dari berbagai segmen seperti kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, halaman persembahan, dan lain sebagainya dengan format nomor pada halaman isi. Di bagian awal, nomor halaman seringkali dibuat dengan angka Romawi, sementara isi akan dimulai dari angka 1 dan seterusnya.

Cara Mengatur Format Penomoran di MS Word Untuk Skripsi & Buku

Sebagai salah satu software word prosesor yang paling banyak digunakan, tentu saja Microsoft Word (XP, 2007, dan seterusnya) telah mengakomodasi kebutuhan pemberian nomor tersebut. Masalahnya, tidak banyak pengguna yang mengetahui cara untuk mengaturnya. Sebab, cara standar memberikan nomor hanya akan membuat nomor halaman yang berurutan dari depan sampai belakang tanpa bisa memisahkan dan membedakan format angka yang diinginkan.

Dalam post ini, kita akan mempelajari cara mengatur nomor halaman dengan format berbeda menggunakan MS Word.

Langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Bersihkan format penomoran pada dokumen Anda (jika sudah diberikan).
2. Berilah nomor dengan format angka, silahkan ke menu insert>header & footer>page number>bottom of page>plain number 2; seperti gambar dibawah :

cara mengatur halaman 1

3. Ubah format angka pada dokumen menjadi huruf Romawi dengan cara klik page number>format page number>number format; pilihlah format romawi yang tersedia lalu OK seperti gambar dibawah :

Baca Juga :  Ini Halaman yang Wajib Ada Pada Sebuah Blog

cara mengatur halaman 2

4. Untuk membedakan format angka pada bagian awal dengan awal bab (romawi & angka biasa), maka Anda dapat menuju ke halaman pertama bagian yang ingin dipisahkan (misalnya bab 1). Buatlah New Section Break dengan cara klik page layout>breaks pada page setup>next page, seperti gambar dibawah :

cara mengatur halaman 3

5. Klik dua kali pada footer halaman tersebut (nomor 4 diatas). Pada ribbon design di Navigation klik Link to Previous sehingga tidak berwarna kuning seperti gambar dibawah :

cara mengatur halaman 4

6. Selanjutnya, hapus bagian tersebut dengan cara ke ribbon Design (Header & Footer)>Page Number>Format Page Numbers seperti gambar dibawah :

cara mengatur halaman 5

7. Ubah format angka Romawi menjadi angka biasa atau yang Anda inginkan. Pilih Start At 1>OK.

cara mengatur halaman 6

8. Selesai. Anda sudah membedakan format penomoran yang berbeda untuk halaman bagian awal dengan isi, dimana halaman awal angka menggunakan angka romawi dan isi memiliki format angka yang dimulai dari angka 1.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part