Tips & Trik

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka di Android

Telegram merupakan salah satu aplikasi messaging dengan fokus pada keamanan dan kecepatan. Aplikasi ini bisa dikatakan sangat simpel, ringan, cepat dan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Banyak orang berpendapat jika Telegram mirip dengan aplikasi WhatsApp karena sama-sama tanpa iklan atau AdSense. Namun, bagaimana jika aplikasi Telegram tidak bisa dibuka? Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi Telegram tidak bisa dibuka di Android berikut ini.

Penyebab umum mengenai aplikasi Telegram yang tidak bisa dibuka atau error, bisa jadi karena file sampah yang kian menumpuk pada ponsel Anda sehingga membuat aplikasi terjadi error, macet, atau rusak. Dan kemungkinan yang paling buruk yaitu terkena virus. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Silahkan simak berikut ini cara mengatasi Telegram tidak bisa dibuka di Android:

1. Hapus Data Aplikasi Telegram
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah menghapus data aplikasi Telegram. Cara ini akan membersihkan Telegram dari history, file sampah, setelan, data login, chat, basis data, dan lainnya. Untuk menghapus data aplikasi Telegram, Anda dapat membuka Pengaturan > Aplikasi > tap Unduhan > Cari Telegram, lalu pilih “Hapus Data”.

2. Hapus File Cache Android
Untuk membersihkan file sampah Android, Anda dapat langsung masuk ke pengaturan dan bersihkan file cache pada aplikasi Telegram. Tapi, untuk hasil yang lebih optimal, sebaiknya Anda membersihkan cache dengan aplikasi cleaner.

3. Hapus dan Install Ulang Aplikasi
Apabila cara pertama dan kedua tak berhasil, maka Anda terpaksa harus menghapus dan menginstall ulang aplikasi Telegram. Untuk lebih aman, sebaiknya Anda mengunduh Telegram langsung dari Google Play Store, bukan dari Apk atau situs pihak ketiga yang belum tentu aman.

4. Reboot Android
Setelah cara ketiga Anda lakukan, Anda bisa mereboot atau restart smartphone Android. Hal ini dilakukan supaya ponsel lebih bersih dan fresh sehingga aplikasi Telegram terasa lebih baru. Kemudian, untuk menghindari kesalahan, macet, error pada aplikasi tersebut, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi cleaner dan rajin membersihkan file sampah yang ada di ponsel.