ReparasiTips & Trik

Cara Mengatasi Service Error B200 Printer Canon

Cara berikut dapat diaplikasikan tak hanya pada printer Canon ip2770 yang cukup sering mengalaminya, melainkan juga pada seluruh printer Canon secara umum. Pesan Service Error B200 sering terjadi meski Anda telah membersihkan head printer seperti yang diinstruksikan. Beberapa pengguna bahkan melepas, menginstall ulang dan mengeringkan print head tanpa progress sama sekali. Printer tetap saja berkedip dengan pesan error B200.

Cara Mengatasi Service Error B200 Printer Canon

Perlu diketahui, bahwa Error B200 berhubungan dengan permasalahan stabilitas listrik yang masuk ke dalam printer yang menyebabkan kelebihan panas pada head printer karena head printer bekerja dalam keadaan tinta habis. Biasanya Error B200 juga disertai dengan kerusakan power supply atau boardlogic. Meski demikian, tak ada salahnya Anda mencoba trik dibawah sebelum membawanya ke service center untuk melakukan reparasi.

Berikut 9 langkah mudah mengatasi Error B200 pada printer Canon seperti yang diperoleh dari support resminya :

1. Buka cover printer Anda.
2. Lepas seluruh catridge dari printer.
3. Tarik pengunci ink tank holder
4. Lepas perlahan print head
5. Diamkan beberapa saat, kemudian pasang kembali print head.
6. Pasang kembali selruh catridge pada printer
7. Tutup cover dan matikan printer.
8. Cabut kabel listrik pada printer dan biarkan 5-10 menit.
9. Jika sudah, colok kembali kabel listrik dan nyalakan printer.

Pada langkah 4 diatas, beberapa cara ektrim dapat disisipkan yaitu dengan membersihkan seluruh komponen yang dilepaskan dengan alkohol atau air hangat. Sementara itu, beberapa pengalaman pengguna yang berhasil mengatasi error B200 adalah dengan mendiamkan printer dalam kondisi mati dan tidak tercolok listrik selama kurang lebih 5-7 hari sebelum di tes kembali.

Apabila printer masih mengalami masalah yang sama, langkah terakhir adalah membawanya ke pusat servis terdekat untuk segera diperbaiki oleh pihak yang kompeten.

Semoga bermanfaat!