Cara Mengatasi Printer Not Responding

Printer merupakan perangkat dukungan komputer yang wajib ada apabila Anda berurusan dengan pekerjaan cetak-mencetak. Di zaman sekarang, hampir semua kalangan menggunakannya mulai dari pelajar, mahasiswa hingga perkantoran. Mereka menganggap printer adalah perangkat yang sangat penting untuk mencetak file atau dokumen, baik itu bentuk foto atau tulisan.

Cara Mengatasi Printer Not Responding

Namun sayangnya, kinerja printer terkadang tidak selalu optimal seperti yang Anda harapkan. Ada saja masalah yang bisa terjadi, contohnya cartridge macet, tinta meluber, kertas yang tersangkut, dan lain hal. Salah satu masalah yang kerap menyerang saat berurusan dengan printer ialah printer not responding.

Printer not responding pastinya pernah di alami oleh semua orang meskipun dari berbagai printer dengan merk yang berbeda. Istilah tersebut dapat di artikan dengan printer tidak bisa merespon atau menanggapi komputer atau laptop yang menyuruh perintah untuk mencetak. Lantas, apa sebenarnya masalah yang membuat printer menjadi not responding?

Apabila Sobat Gaptex mengalami masalah seperti ini, jangan panik dan terburu-buru membongkar printer apalagi sampai membawa ke tukang service komputer. Sebab masalah ini mungkin dapat Anda atasi sendiri dengan hanya memeriksa bagian-bagian printer dan melakukan perbaikan sederhana.

Ada beberapa alasan klasik yang mungkin jadi penyebab printer not responding seperti sambungan kabel yang tidak benar atau kondisi printer. Tetapi bila Anda menggunaka printer tanpa kabel (nirkabel), mungkin masalah berasal dari gagalnya printer mendeteksi nama jaringan yang sesuai sebelum di cetak. Berikut ini cara mengatasi printer not responding:
· Pastikan printer dalam kondisi menyala dan tersambung dengan PC atau laptop
· Masuk ke Control Panel, dengan caranya yaitu dari menu Start > Control Panel > Hardware and Sound > Device and Printers
· Klik printer yang ingin Anda jadikan sebagai default
· Kemudian, pilih Properties
· Klik tab Details atau port, yakinkan Anda telah mencentang port yang benar
· Klik dua kali pada icon printer, akan muncul daftar pekerjaan yang sedang antri untuk di cetak. Batalkan semua antrian tersebut lalu cetak kembali dokumen yang ingin Anda cetak saat ini.
· Apabila printer terpasang melalui port USB, Anda dapat mencoba memakai port USB lainnya. Mungkin masalah not responding berasal dari port USB.

Artikel berhubungan:  Seluk Beluk Jaringan Komputer