Seputar Tekno

Cara Mengatasi Masalah Server DNS Tidak Merespon

Apakah Sobat pernah mengalami kesalahan DNS saat mencoba untuk memuat situs web maupun terkoneksi dengan jaringan? Seringkali koneksi dengan jaringan bisa terputus, bukan hanya akibat kerusakan pengaturan, tapi juga ada masalah dari sisi server. Apabila Anda kesulitan terkoneksi dengan server, maka Anda perlu membaca artikel kami kali ini yang akan membahas tentang cara mengatasi masalah server DNS tidak merespon.

Memahami Server DNS
Server DNS adalah server komputer yang berisi database alamat IP publik dan nama host yang terkait, dan biasanya, berfungsi untuk menyelesaikan, atau menerjemahkan, nama host umum ke alamat IP sesuai permintaan. Server DNS menjalankan perangkat lunak khusus dan berkomunikasi satu sama lain menggunakan protokol khusus.

Agar lebih mudah memahami server DNS, mungkin Anda bisa melihat contohnya sebagai berikut. Server DNS bertugas sebagai perangkat yang menerjemahkan domain yang Anda ketikkan di web browser untuk berubah ke alamat IP 151.101.129.121 yang sebenarnya. Jadi bisa dikatakan, server DNS adalah penerjemah antara nama host dan alamat IP.

Server DNS juga menjadi layanan yang disediakan oleh protokol TCP/IP, yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke komputer lain atau jaringan dengan nama sederhana daripada membutuhkan penghafalan alamat IP. Internet mempertahankan dua ruang nama utama yaitu hirarki nama domain dan sistem alamat IP.

Cara Mengatasi Masalah Server DNS Tidak Merespon
Dalam masalah ini, Anda bisa mencoba tiga cara sebagai berikut.

1. Memeriksa Sambungan
– Sebelum memulai pemecahan masalah, cari tahu masalahnya dulu. Anda bisa mempersempit masalahnya dengan melakukan beberapa tes cepat. Contohnya sambungkan perangkat lain ke router, baik kabel maupun nirkabel. Anda juga bisa menggunakan komputer lain, smartphone atau tablet. Setiap perangkat yang bisa mengakses internet bisa digunakan untuk pengujian.

– Cobalah mengakses halaman web dari perangkat kedua. Apabila kesalahan DNS masih terjadi, berarti masalahnya ada di router atau ISP. Kalau Anda bisa terhubung ke situs web, maka masalahnya berasal dari komputer pertama.

– Reboot modem dan router. Cabut kabel daya modem dan kabel daya router. Biarkan selama setidaknya 30 detik agar keduanya benar-benar mati dan memori di dalamnya terhapus. Kemudian, sambungkan kembali modem, dan tunggu sampai terhubung sepenuhnya. Setelah komputer menyala sepenuhnya, Anda bisa sambungkan kembali kabel daya ke router dan biarkan menyala. Ini bisa memakan waktu hingga semenit.

– Setelah kedua perangkat aktif, coba akses ulang situs web tersebut. Jika masalah berlanjut, maka kita akan ke tahap selanjutnya.

– Jika Anda menggunakan perangkat mobile, masuk ke Settings> Mobile data dan atur kembali konfigurasinya.

Artikel menarik:  Mengulik Software Edit Photo Meitu

2. Mengatasi Masalah Komputer
– Coba browser lain. Ini adalah salah satu cara tercepat untuk mengetes koneksi DNS. Download browser gratis lainnya seperti Firefox atau Chrome dan kemudian coba akses internet lagi. Jika masalah berlanjut, itu mungkin tidak disebabkan oleh browser namun ada beberapa pengaturan lain di komputer.

– Jika masalah sudah selesai, Anda bisa mencoba pemecahan masalah di browser lama. Seringkali masalah ini berasal dari setting proxy. Hal ini bertujuan untuk mereboot ulang pengaturan proxy di browser yang Anda gunakan, dan pastikan untuk mengaturnya kembali ke setting default.

– Flush DNS. Terkadang cache DNS telah usang dan perlu dibersihkan secara manual. Hal ini bisa dilakukan dari Command Prompt. Untuk membuka Command Prompt, tekan ⌘ Win + R lalu ketik cmd. Ketik ipconfig/flushdns. Tunggu sampai perintah selesai diproses dan kemudian restart komputer. Uji kembali koneksi internet. Jika server masih tidak merespon, lanjutkan ke langkah berikutnya.

– Ubah server DNS. Anda dapat memasukkan server DNS alternatif secara manual. Untuk melakukannya, buka jendela “ncpa.cpl” lagi dan klik kanan pada koneksi aktif. Pilih Properties.

– Cobalah akses internet dari Safe Mode. Hidupkan komputer dalam mode Safe Mode untuk memuat file Windows yang penting, sehingga Anda dapat menentukan apakah program atau layanan lain seperti antivirus yang menyebabkan masalah koneksi.

3. Mengatasi Masalah Router
– Hubungkan modem dan komputer secara langsung. Jika Anda menggunakan router untuk membuat jaringan rumah, lepaskan komputer dari router, dan pasang kabel ethernet langsung ke port ethernet modem.

– Coba buka halaman web. Apabila server DNS masih tidak ingin merespon, mungkin masalahnya terletak pada ISP. Hubungi ISP Anda dan tanyakan tentang cara menghubungi server DNS.

– Jika Anda bisa terhubung ke halaman web, masalahnya pasti dari router. Sambungkan kembali router ke modem dan sambungkan komputer ke jaringan untuk melanjutkan pemecahan masalah.

– Reset router. Terkadang pengaturan di router bisa crash sehingga cara termudah untuk memperbaikinya adalah dengan hanya me-reset router ke setting umum. Ini akan mengatur ulang pengaturan jaringan nirkabel yang ada dan informasi redireksi porta.

– Untuk mengatur ulang router, gunakan klip kertas atau benda runcing lainnya untuk menekan dan menahan tombol Reset di bagian belakang router.

– Konfigurasi router setelah direset, Anda harus mengkonfigurasi ulang jaringan nirkabel Anda (jika ada). Sandi dan akun admin juga akan disetel ulang.