Cara Mengatasi HP yang Terendam Air

Tak dimungkiri bahwa air adalah musuh terbesar bagi alat-alat elektronik seperti televisi, DVD player ataupun handphone (HP). Air dapat merusak komponen-komponen yang terdapat di dalamnya dengan cara masuk melalui celah-celah kecil. Memang saat ini telah banyak bertebaran smartphone yang mengusung fitur anti air, namun bagaimana dengan pengguna HP yang tak memiliki kelebihan itu? Apa yang harus mereka lakukan?

Cara Mengatasi HP yang Terendam Air

Dilihat dari kerusakan yang ditimbulkan, penyebab utama dari kerusakan HP yang terendam air yaitu terjadinya konsleting listrik pada komponen-komponen di dalamnya. Hal ini diakibatkan sebab pemilik ponsel tak sabaran ingin langsung menghidupkan ponsel sehingga cairan yang telah masuk ke dalam komponen dapat mengakibatkan konsleting listrik dan memperparah keadaan. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi ponsel yang basah atau bahkan HP yang terendam air dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Segera ambil HP dari dalam air
Walaupun tampak tertutup rapat, tapi air bisa dengan mudahnya merembes ke dalam HP dalam waktu yang sangat singkat. Perbedaan waktu seperkian detik saja bisa menentukan hidup atau matinya HP Anda. Oleh sebab itu, segera keluarkan ponsel air secepat mungkin, kemudian langsung matikan untuk mencegah korsleting. Jangan hidupkan sampai ponsel benar-benar dikeringkan.

Artikel berhubungan:  Tips Menghemat Pulsa Saat di Luar Negeri

2. Jangan menghubungkan HP ke colokan listrik
Jangan pernah coba-coba untuk mencharge HP yang telah terendam air karena dapat mengakibatkan kerusakan parah, bahkan dapat meledak. Niatnya ingin menyelamatkan ponsel, justru nyawa sendiri bisa terancam. Maka dari itu, jika HP jatuh ke air, hindari pemakaian listrik disekitarnya.

3. Segera keringkan HP dengan handuk atau kain
Cara ini adalah salah satu langkah yang paling penting karea kebanyakan komponen elektronik di dalam HP dapat terselamatkan walaupun terkena air, asal jangan pernah ada aliran listrik dari baterai. Jika ponsel berjenis removable alias rangka dan casing nya bisa terlepas, silahkan keluarkan semua baterai, sim card, memori card dari dalam ponsel. Setelah itu, keringkan menggunakan hair dryer, vacumm cleaner ataupun handuk.

4. Bawa HP ke tempat service
Apabila ponsel Anda masih belum menyala juga, maka jalan terbaik yang harus dilakukan adalah membawanya ke service center ponsel, terlebih lagi jika Anda adalah orang yang belum paham mengenai bongkar-pasang HP.