Cara Mengatasi HP Masuk Air dengan Beras

Pernahkah Anda mengalami HP yang masuk ke dalam air? Atau mungkin secara tak sengaja masuk ke dalam bak mandi? Bagi Anda yang baru pertama kali mengalami hal tersebut, maka pastinya Anda menyangka bahwa ponsel akan rusak dan tak bisa digunakan lagi. Terlebih lagi, saat HP dalam keadaan hidup dan tiba-tiba kemasukan air, umumnya HP itu bakal langsung mati.

Cara Mengatasi HP Masuk Air dengan Beras

Jika sudah begitu, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah cepat-cepat mengambil ponsel dari sumber air tersebut dan ingatlah, jangan terlalu panik. Kemudian carilah cara untuk mengatasi HP yang terendam air, salah satunya adalah dengan menggunakan beras. Kenapa beras? Memang terdengar tidak masuk akal, namun cara ini banyak dipercaya oleh pengguna ponsel Tanah Air.

Lantas bagaimana cara mengatasi HP masuk air dengan beras? Berikut langkah-langkahnya:

1. Ambil HP Secepat Mungkin
Langkah awal adalah segera ambil HP secepat mungkin, jika tidak maka dikhawatirkan semakin banyak air yang masuk ke dalam komponen HP. Walaupun ponsel dalam keadaan rapat oleh casing, tapi air tetap bisa masuk lewat lubang-lubang kecil seperti Port Charger, port USB, dan lubang speaker.

2. Matikan dan Keringkan
Matikan HP yang sudah terendam air apabila dalam kondisi hidup, kemudian keringkan seadanya dengan handuk untuk menghilangkan air dibagian luar. Namun, Anda harus ingat jangan coba-coba untuk menghidupkan HP karena dapat konslet akibat arus listrik pendek.

Artikel berhubungan:  Trik Kalibrasi Layar iPhone

3. Lepas Semua Komponen
Apabila ponsel Anda berjenis removable, silahkan lepaskan semua komponen yang dapat dilepas seperti baterai, kartu SIM, memori card, casing, dan sebagainya. Setelah dilepas, keringkan dengan handuk atau kain kering.

4. Rendam HP ke dalam beras
Caranya yaitu ambil toples, wadah, atau kantong plastik yang sekiranya dapat untuk wadah ponsel. Lalu ambil beras secukupnya dan taruh HP beserta baterai ke dalam wadah tersebut. Kemudian, tutup rapat dan pastikan HP dalam keadaan terkubur beras. Simpanlah minimal 1 hari penuh.

Beras dipercaya dapat menyerap embun dan air dengan baik, walaupun tak terlalu sempurna, namun cukup bagus untuk menyerap air yang masuk dalam ponsel. Namun, jika belum bisa menyala juga, berarti HP mengalami rusak parah yang berarti HP harus masuk ke service center.