Tips & Trik

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Note 3 Pro Tidak Responsif

Teknologi fingerprint memang sudah cukup lama ada di dunia, namun beberapa tahun terakhir ini, fingerprint telah diterapkan pada smartphone canggih. Contohnya pada produk smartphone asal China yaitu Xiaomi. Hampir sebagian besar produk Xiaomi mengandalkan sensor sidik jari tersebut, mulai dari ponsel entry levelnya hingga kelas atas seperti Xiaomi Mi Mix.

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Note 3 Pro Tidak Responsif

Ada pula smartphone Xiaomi yang banyak dipakai oleh kalangan muda di Tanah Air yaitu Xiaomi Note 3 Pro. Hadirnya fitur fingerprint pada ponsel ini memang menjadikannya patut di acungi jempol karena fitur tersebut telah dapat mendaftarkan 5 sidik jari sekaligus. Kelebihan lainnya yaitu pengguna tidak perlu lagi menekan tombol power ataupun mengusap layar ponsel untuk menghidupkan layar.

Pengguna Xiaomi Note 3 Pro tinggal menyentuhkan ujung jari yang telah didaftarkan sidik jarinya pada bagian sensor dibagian belakang casing, maka layar ponsel pun otomatis akan menyala sehingga tak perlu repot lagi memasukkan password kunci layar. Namun, bagaimana jika fitur fingerprint tersebut tidak dapat digunakan alias tidak responsif dengan sidik jari penggunanya? Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini tips dan cara mengatasi fingerprint Xiaomi Note 3 Pro tidak responsif:

1. Cara Pertama
Restart ulang smartphone Android Xiaomi Note 3 Pro dan hidupkan kembali untuk mencoba sensornya. Jika belum bisa, Anda dapat melakukan cara kedua.

2. Cara Kedua
Matikan ponsel Xiaomi Note 3 Pro dan hidupkan lagi jika sudah dingin. Biasanya sensor tidak dapat berfungsi apabila ponsel dalam keadaan panas.

3. Cara Ketiga
Cobalah Anda masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi Terinstal > Semua. Di sini, silahkan cari aplikasi “com.fingerprints.service” atau “com.qualcomm.qti.biometrices.fingerprint.service”. Apabila sudah ketemu, silahkan hapus data beserta cache pada kedua aplikasi tersebut. Setelah itu, silahkan coba kembali sensor fingerprint Anda.

4. Cara Keempat
Langkah terakhir apabila sensor fingerprint masih tak responsif, Anda dapat mereset ulang atau factory reset ponsel Xiaomi Note 3 Pro. Caranya pun sederhana, masuk ke menu Setting > Backup and Reset. Kemudian klik menu ‘Factory Data Reset’ dan ‘Reeset Phone’.